Berita Nasional Terpercaya

Membuat Kandang untuk Kucing

0

HarianBernas.com ? Hewan peliharaan seperti kucing memiliki perlakuan yang sama dengan anjing yakni membutuhkan kandang untuk tempat tinggalnya. Kandang permanen untuk kandang kucing pun tidak memiliki banyak perbedaan dengan kandang anjing. Kandang permanen untuk keduanya harus dilengkapi dengan saluran pembuangan yang baik.

Kandang sederhana untuk kucing pun tak jauh berbeda dengan anjing, hanya saja kandang untuk kucing memiliki persediaan kotak pasir di dalamnya. Karena kucing memang sudah terbiasa kencing dan berak di dalam gundukan pasir. Jadi menyediakan kotak pasir di dalam kandangnya adalah hal yang tepat.

Jika Anda telah membiasakan kucing untuk berak di luar kandang maka bisa meletakkan kotak pasir tersebut di luar kandang, sebagai contohnya di area yang ia biasa bermain. Tetapi Anda harus dapat memastikan kucing untuk benar-benar sudah terlatih ketika membuang kotoran di dalam kotak pasir Sehingga nantinya kotoran tidak akan berceceran di mana-mana.

Di saat tertentu, kucing pun harus dilepaskan dari kandang yang agar dirinya tidak merasa bosan. Sesekali mengajaknya bermain bukanlah hal yang salah. Dengan bermain di luar kandang maka ia akan merasa sangat senang dan tidak stress.

Perlu diingat jika stres akan dapat memicu seekor hewan mudah terserang penyakit. Di saat kandang telah dibersihkan atau Anda ingin dapat bermain dengannya maka lepaskanlah Ia di luar kandang. Paling tidak jika mempunyai tempat khusus di luar rumah untuk bermain bersamanya. Jagalah kesehatan kucing tersebut dan juga kesehatan sang pemiliknya.

Prinsip yang harus dipegang untuk membangun kandang kucing ialah,

  1. Luas kandang harus sesuai dengan besar hewan sehingga tidak berdasarkan ataupun merasa sempit.
  2. Jika memungkinkan, Anda perlu melengkapi dengan tempat untuk melepaskan hewan kesayangan sehingga kandang tersebut dilengkapi dengan bagian yang terbuka.
  3. Lengkapilah dengan tempat tidur dengan alas yang empuk, alat makan, dan minum serta mainan.

Kandang adalah hal yang wajib dan harus dimiliki oleh setiap pemilik hewan kesayangan dan harus mempersiapkan nya sebelum memulai untuk memeliharanya secara serius. Tetapi jika Anda belum memilikinya di dalam waktu dekat maka wajib untuk mengusahakan untuk membangun kandang Itu demi kesehatan serta kenyamanan hewan kesayangan dan sang pemilik.

Sembari menunggu kandang dibangun tidak ada salahnya jika pemilik memakai ruangan sementara. Sebagai contohnya, gudang tetapi harus dapat dimodifikasi sehingga terpisah dari rumah sang pemilik.

Sebaiknya jalan masuk menuju ruangan sementara itu tidak menyatu dengan jalan masuk ke ruangan yang lain atau pintu yang menghubungkan dengan ruangan yang lain ditutup dan berikan pintu serta jendela yang menghadap keluar serta terpisah dengan ruangan yang lain.

Biasanya ruangan itu tidak mempunyai saluran pembuangan, maka Anda harus memberikan hewan kesayangan pada kandang semi permanennya sebuah alas yang cukup tebal. Jika perlu sediakanlah kotak penampung dari plastik di bawah kandang sehingga nantinya air kencing tidak akan langsung jatuh ke lantai. Dan ingatlah untuk rutin membersihkan dan melakukan desinfeksi secara teratur.

Yang paling penting dalam membuat kandang kucing ialah harus nyaman, mudah dibersihkan, ventilasi cukup baik, dan luasnya sesuai dengan jenis kucing tersebut. Bahan yang dipakai sebaiknya berupa logam untuk membuat kandang dan berikanlah alas untuk membuat si kucing tidur dengan nyaman.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda sebagai pemilik hewan kesayangan di dalam merawat kucing yang termasuk hewan kesayangan. Selalu berikan senyum terindah untuk hewan kesayangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.