Berita Nasional Terpercaya

3 Tips Atur Uang Bagi Anda yang Berpenghasilan Rp 5 Juta

0

HarianBernas.com –Apakah Anda merasa kesulitan untuk mengatur keuangan dengan penghasilan Rp 5 juta? Apa saja tips atur uang bagi Anda yang berpenghasilan Rp 5 juta?

Saran untuk selalu menabung rasanya sudah sering Anda dengar sejak kecil. Memang benar, menabung adalah pangkal kaya. Jika Anda tak rutin menabung, maka jangan protes jika kondisi keuangan Anda merana nantinya.

Tapi masalahnya, tak semua orang dapat melakukan hal ini dengan konsisten. Alasan yang paling populer yaitu gaji yang kecil.

Pemikiran itulah yang harus segera anda lenyapkan dari kepala. Karena bisa atau tidaknya menabung bukanlah tergantung dari besarnya gaji, melainkan dari masalah niat atau tak niat. Jika anda sudah memiliki niat untuk menabung, maka gaji sekecil apapun pasti dapat anda sisihkan untuk pos tabungan.

Kemudian bagaimana caranya untuk mengatur keuangan agar dapat menabung secara konsisten? Berikut ini beberapa tips atur uang bagi Anda yang berpenghasilan Rp 5 juta, seperti yang dilansir dari liputan6.

Biaya hidup alias pengeluaran rutin: 40 persen

Tips atur uang bagi Anda yang berpenghasilan Rp 5 juta yang pertama yaitu dengan menyisihkan 40% untuk biaya hidup. Dengan kisaran pendapatan Rp 5 juta, Anda cukup mengalokasikan 40% dari gaji untuk pengeluaran rutin atau biaya hidup.

40% x Rp 5 juta = Rp 2 juta. Bagaimana pun kondisi Anda, jumlah tersebut harus cukup untuk kebutuhan hidup. Mulai dari biaya transportasi, makan, sampai pulsa. Tidak perlu sering-sering berbelanja atau nongkrong di cafe apabila dana tersebut dirasa pas-pasan.

Anda harus pintar-pintar dalam mengakali pos keuangan yang satu ini. Misalnya dengan sering membawa bekal makan dari rumah atau lebih memilih naik kendaraan umum setiap berangkat ke kantor.

Tagihan atau utang: maksimal 30 persen

Tips atur uang bagi Anda yang berpenghasilan Rp 5 juta yang kedua yaitu dengan menyisihkan 30% dari gaji anda untuk hutang. Jika dirasa tak perlu, yang namanya hutang memang sebaiknya dihindari. Namun pada kenyataannya setiap orang memerlukan hal-hal yang nilai belinya lebih tinggi, seperti kendaraan dan rumah untuk membantu aktivitas sehari-hari.

Fasilitas dana pinjaman seperti kredit multiguna, KTA, kartu kredit, dan KPR memang dapat menjadi salah satu solusi ketika Anda membutuhkan bantuan dana. Namun bukan berarti anda dapat mengambil cara tersebut dengan gegabah tanpa melakukan perhitungan terlebih dahulu.

Saat terdesak dan Anda harus berhutang, idealnya total hutang yang Anda miliki jangan sampai lebih dari 30% gaji. Jika gaji perbulan Anda sekitar Rp 5 juta, Maka alokasikan 30% nya untuk pos utang yang memang diperlukan.

30% x Rp 5 juta = Rp 1,5 juta. Jumlah tersebut adalah jumlah total utang ideal selama 1 bulan. Anda harus berkomitmen untuk mematuhi batas ini agar keuangan tak kebobolan.

Tabungan: 10 persen

Tips atur uang bagi Anda yang berpenghasilan Rp 5 juta yang ketiga yaitu dengan menyisihkan 10% untuk tabungan. Nah, tips yang kali ini mungkin akan dibilang membosankan dan klise, padahal dengan pendapatan Rp 5 juta perbulan Anda bisa mengalokasikan 10% saja untuk pos tabungan.

10% x Rp 5 juta = Rp 500.000. Walaupun nominalnya terlihat kecil, jangan pernah meremehkan kebiasaan untuk menabung. Sedikit-sedikit juga nantinya menjadi bukit. Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok, dan tabungan dapat menjadi penyelamat anda ketika tidak ada solusi dana lain. Untuk pos tabungan ini, langsung sisihkan di awal bulan saat Anda baru saja menerima gaji.

Leave A Reply

Your email address will not be published.