Berita Nasional Terpercaya

Sosialisasi Antisipasi Serangan Malware Ransome Wannacry Harus Berkelanjutan

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Serangan virus Marlware Ransome berjenis Wannacry menyerang sejumlah negara. Tidak terkecuali Indonesia menjadi korban akibat serangan virus ganas tersebut. Instansi pelayanan publik pun tak luput dari serangan siber tersebut.

Pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) pun bergerak cepat dengan membuat edaran ke berbagai pihak  dala mengantisipasi serangan virus tersebut.

Anggota Komisi I DPR Sukamta menilai langkah Kemenkominfo tepat. Sebab dengan gerak cepat membuat langkah antisipasi dan edaran ke sejumlah pihak dalam menangkal serangansiber virus wannacry. Ia menilai sosialisasi ke semua kalangan dan instansi publik mesti berkelanjutan.

?Sosialisasi perlu terus dilakukan seluas-luasnya sehingga pemanfaatan IT di perintahan, pelayanan publik dan perusahaan tidak terganggu,? ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Ia pun berharap agar pihak Kemenkominfo serta para pegiat sistem informasi teknologi terus melakukan koordinasi dalam melakukan upaya prefentiv. Menurutnya tindakan pencegahan secara bersama dari berbagai kalangan  diharapkan mampu menangkal serangan virus tersebut.

Pasalnya instansi pelayanan publik berupa rumah sakit Dharmais dan Harapan Kita mengalami serangan tersebut. Walhasil, sistem informasi rumah sakit tersebut tak dapat digunakan. Dampaknya terhadap pelayanan informasi kesehatan bagi pasien.

?Sudah terjadi gangguan terhadap sistem IT di rumah sakit yang jelas dapat mengganggu pelayanan publik,? katanya.

Lebih lanjut Sukamta berpendapat agar masyarakat mengikuti saran Kemenkominfo. Yakni saat memulai aktivitas dalam menggunakan komputer untuk mencabit terlebih dahulu koneksi wifi dan internet. Selain itu, pentingnya melakukan back up data dalam menjamin keamanan data yang terdapat dalam komputer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.