Berita Nasional Terpercaya

Kalian Akan Menemukan Kenyamanan saat Bersepeda di 10 Kota Ini, Coba Saja!

0

HarianBernas.com – Menggunakan sepeda di Indonesia sebagai transportasi sehari-hari untuk bekerja atau berangkat sekolah belum begitu populer seperti di negara maju. Sepeda hanya sebatas digunakan sebagai sarana olahraga ringan di kala hari libur. 

Padahal, dengan bersepeda, selain menyehatkan bagi tubuh juga efektif dalam mengurangi kemacetan di jalan raya. Bersepeda juga turut mengurangi berbagai macam polusi di kota-kota besar.

Walau belum begitu popular, terdapat beberapa kota di Indonesia yang nyaman untuk bersepeda seperti:

1. Jepara

Jepara merupakan kabupaten di pesisir utara Jawa Tengah dan bukan merupakan kota besar. Dibandingkan Semarang atau Solo, kota ini relatif lebih sepi.

Kendaraan tidak begitu banyak lalu-lalang di jalanan jepara. Tata ruang jepara juga memungkinkan pegowes untuk bersepeda baik sebagai olahraga ataupun transportasi saat bekerja.

2. Bandung

Ibu kota Jawa Barat ini sering dikenal dengan sebutan Paris Van Java. Kota ini  dikenal sebagai kota bagi para pengguna sepeda. Berada di dataran tinggi membuat bandung mempunyai cuaca sejuk. Suasana kota ini sangat klop bila kegiatan bersepeda dilakukan sehari-hari.

Semenjak kepemimpinan Ridwan Kamil, Bandung terpilih sebagai salah satu kota ramah sepeda. Dia juga dikabarkan telah bertemu dengan Dubes Denmark untuk menyusun rencana menjadikan Bandung kota sepeda seperti Copenhagen.

3. Yogyakarta

Kota pelajar ini dari dulu telah diakui sebagai kota yang ramah untuk bersepeda. Kota Yogyakarta memiliki jumlah pelajar yang  banyak dan sebagian besar pengguna sepeda adalah para pelajar dan mahasiswa. Tak hanya itu, kota Yogyakarta menawarkan suasana siang dan malam yang membuatnya cocok untuk dijelajahi dengan menggunakan sepeda.

Berbagai fasilitas seperti lajur khusus sepeda, plang petunjuk alternatif bersepeda, sampai parkir khusus sepeda. Kota Yogyakarta membuat kalian mau nggak mau setuju kalau kota ini merupakan kota para penggowes.

4. Kuta

Jika ingin bersepeda dengan nuansa pantai ala luar negeri tidak ada salahnya mencoba mengelilingi daerah Kuta, Bali. Lalu-lintasnya yang tidak begitu ramai, ditambah lagi dengan jalan-jalan sempit yang jarang ada kendaraan bermotor membuat kamu seperti berada di luar negeri.

Selain itu, penduduknya yang ramah juga membuat bersepeda menjadi lebih menyenangkan. Saat pantai surut, kamu bisa mencoba bersepeda di atas pasir pantai Kuta ketika pagi hari. Jangan lewatkan suasana bersepeda di sore hari sambil menunggu waktu matahari terbenam.

5. Solo

Tahun 2016 lalu, Solo berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Pemerintah Pusat. Solo mendapat penghargaan sebagai salah satu kota dengan transportasi publik paling tertib. Dengan penghargaan ini, kota Solo rasanya layak menjadi salah satu kota yang cocok untuk bergowes ria.

Perlu diketahui, saudara tua kota Yogyakarta ini bahkan meraihnya selama sembilan kali berturut-turut. Lalu lintas di jalanan kota solo  tidak begitu macet. Ditambah adanya fasilitas pendukung untuk bersepeda seperti lajur khusus dan parkir khusus menjadikan Solo sebagai kota yang cukup aman dan nyaman untuk bergowes ria.

6. Balikpapan

Keindahan, dan infrastruktur yang baik menjadi alasan Balikpapan layak disebut sebagai kota yang ramah bagi para pesepeda. Lalu-lintas kendaraan belum begitu padat membuat kota ini sangat mendukung untuk kegiatan bersepeda.

Balikpapan tahun lalu menjadi kota paling dicintai di dunia dalam program WWF Earth Hour City Challenge 2015 mengalahkan Paris dan kota besar lainnya. Bukti kalau kota ini layak untuk para pesepeda.

7. Magelang

Kota Magelang dikelilingi oleh gunung dan dataran tinggi sehingga memiliki cuaca sejuk layaknya Bandung. Cuacanya sangat mendukung untuk bersepeda di tengah kota. Selain itu, tata ruang kota yang cukup rapi memungkinkan bersepeda di tengah Kota Magelang terasa lebih menyenangkan.

8. Tabanan

Tabanan merupakan kota kecil yang  masih terasa asing di telinga kamu. Berada di Pulau Bali, Tabanan memang kalah mentereng dibanding daerah lainnya seperti Kuta, Denpasar, atau Ubud. Namun jangan salah, kota kecil ini bersama Solo berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha, sebagai salah satu kota dengan transportasi publik paling tertib di Indonesia. Selain itu, lalu lintas yang tak begitu padat membuatnya menjadi salah satu kota yang ramah untuk para pesepeda.

9. Jakarta

Jakarta telah lama diupayakan menjadi kota ramah sepeda. Usaha ini dibuktikan dengan semakin banyaknya fasilitas pendukung untuk bersepeda, seperti lajur khusus sepeda. Pemerintah bahkan berencana membuat jalur layang khusus sepeda. Berbagai komunitas sepeda seperti Bike to Work juga telah lama 'berjuang' untuk bersama-sama mengurangi kemacetan di jalan raya.

10. Pontianak

Kota Pontianak mempunyai sebutan kota Khatulistiwa mulai menyusul kota-kota lainnya sebagai kota ramah sepeda. Dibuktikan dengan keseriusan pemerintah kota yang mulai membuat fasilitas khusus seperti lajur khusus sepeda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.