Berita Nasional Terpercaya

Kamu Tidak Suka Keramaian? Gaya Liburan Satu Ini Mungkin Cocok Buat Kamu

0

HarianBernas.com – Pernah mendengar istilah staycation? Staycation adalah istilah populer untuk liburan santai di halaman/pekarangan rumah. Kegiatan ini sempat booming di Amerika selama 2007 sampai akhir tahun 2010-an lalu.

Setelah tahun 2011, tren ini mulai menyebar ke seluruh dunia dan diminati oleh kalangan menengah. Kenapa sebagian orang lebih suka liburan di rumah? Kegiatan travelling pada dasarnya menuntut persiapan yang rumit. Ditambah kita masih harus berjibaku dengan kemacetan lalu lintas.

Itulah mengapa sebagian besar orang menyukai staycation. Berikut adalah keuntungan bagi para traveler yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga di halaman rumah: 

1. Bebas Macet

Berlibur di rumah berarti kita tidak usah repot-repot memikirkan transportasi dan okomodasi. Hanya perlu melakukan persiapan sederhana kita sudah bisa bersantai bersama keluarga. Kita bisa menghindari kemacetan di jalan apalagi bila musim liburan banyak orang berbondong-bondong ke tempat wisata.

Manfaat ini pasti benar-benar dirasakan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk Jakarta dan kota besar lainnya. Saat yang lainnya kena macet kita bisa bersantai di halaman rumah.

2. Bebas Antre

Momen liburan panjang membuat pusat-pusat hiburan dipadati banyak orang. Tak terkecuali destinasi wisata akan menjadi tujuan utama para pelancong.

Hasilnya kaki terasa pegal-pegal karena harus berdiri berjam-jam dalam antrean panjang, mending liburan di rumah. Dengan melakukan staycation kita bisa bersantai dengan hamok sambil membaca buku atau hal lainnya.

3. Bebas Polusi Lingkungan

Kondisi lingkungan yang tidak kondusif seperti macet di jalanan menyebabkan polusi yang tidak sehat bagi tubuh. Polusi bagi anak-anak dalam jangka panjang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti sesak napas dan masuknya radikal bebas.

Tujuan kita berlibur adalah mencari pengalaman baru dan menyegarkan pikiran. Tetapi selama perjalanan kita malah cari penyakit. Perlu diketahui radikal bebas menjadi salah satu penyebab hiperpigmentasi dan kanker kulit.

4. Lebih Hemat

Staycation selain ramah lingkungan membuat momen liburan bareng keluarga jadi lebih ramah di kantong. Kita tak perlu mengeluarkan biaya begitu besar untuk liburan seperti bila kita menikmati liburan mahal di luar rumah.

Cukup menyediakan kemping sederhana dan mengadakan pesta barbeque sederhana sudah terasa menyenangkan. 

5. Menikmati Waktu Bersantai 

Bagi masyarakat metropolitan kesibukan sekolah atau kerja kadang membebani pikiran. Momen liburan menjadi hal yang paling ditunggu untuk dihabiskan dengan bersantai di rumah bersama keluarga.

Pada hari-hari biasa, kita sering kali disibukkan dengan kegiatan di luar rumah. Maka, staycation bisa jadi alternatif liburan bersama keluarga. Kita bisa menghabiskan waktu untuk ngobrol bersama, nonton film, pesta barbeque, dan masih banyak lagi.

Staycation menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain lebih hemat, kita juga tak butuh banyak persiapan. Apakah kalian tertarik? Sila mencoba liburan seru dengan orang terdekat di halaman rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.