Berita Nasional Terpercaya

7 Rahasia Para Fotografer Makanan yang Perlu Kalian Dalami

0

HarianBernas.com – Pilihan untuk mengabadikan suatu hidangan dalam bentuk foto sungguh tak terbatas. Satu hal yang perlu dicermati ketika memotret makanan, prinsip dasarnya tak berubah seperti saat kita memotret objek lainnya yaitu: cahaya, warna dan komposisi. Selain memotret ritual adat, fotografi makanan merupakan pintu gerbang untuk menjelajahi dan merayakan budaya, sejarah, dan kehidupan masyarakat.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat kalian memotret makanan:

1. Jangan Hanya Terfokus Pada Menu

Saat kalian berpikir tentang fotografi makanan, jangan hanya membayangkan presentasi akhir di piring atau keadaan dimana orang sedang menyantapnya. Lihatlah bahan-bahannya, bagaimana cara masaknya, keadaan dapur dan suasana meja makannya. mungkin mereka semua tengah menanti untuk ?disulap? menjadi potret nan rupawan.

2. Buat Interaksi yang Menarik

Fotografi makanan bisa dibilang semacam ilmu antropologi dan fotografer makanan ibarat antropolog makanan secara visual. Bukan hanya mengenai hidangan yang tersaji, tetapi juga tentang segala sesuatu dan aspek di sekitar makanan seperti: momen, hubungan, adegan, tempat dan cerita.

Pikirkan bagaimana manusia  bisa terhubung dengan makanan. Bagaimana manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan dasar ini dan apa yang menghubungkan keduanya. Sebagian besar foto yang menarik dihasilkan dari hubungan tersebut.

3. Layout Ulang Menu yang Disajikan

Di mana pun atau di berbagai tempat, jajanan kaki lima selalu memberikan kesempatan kita untuk memotret daya tarik kuliner dan kebiasaan warga setempat. Jajanan kaki lima yang disajikan secara berantakan bisa terlihat menawan di kamera. Cobalah kalian menata ulang makanan di piring, atau bisa juga tambahkan aneka bahan jika diperlukan.

Ingat bahwa tujuan memotret makanan adalah untuk membuat orang lain yang melihat foto tersebut jadi tertarik untuk mencoba makanan itu. Jika kalian saja tidak tertarik ketika melihatnya, maka orang lain pun akan menganggapnya demikian

4. Buat Makanan Lebih Atraktif

Ketika kalian berniat membuat foto lanskap makanan, pikirkan bagaimana kalian akan menyampaikan cerita atau narasi dari sebuah makanan. Kalian bisa meletakkan bahan-bahan di meja, mengatur penempatan sendok makanan untuk memberi kesan gerakan, dan menaburkan remah-remah makanan untuk menampilkan emosi.

5. Cobalah Untuk Mengabadikan Proses Penyajian

Jangan lupa untuk memeriksa semua lokasi di tempat kalian saat akan memotret makanan. termasuk tempat makan yang tak banyak dikunjungi orang banyak. Kalian bisa menyelinap ke dapur untuk melihat proses di balik layar dalam pengolahan dan pembuatan makanan.

6. Tonjolkan Karakter Utama Makanan

Ketika mengeksplorasi berbagai sudut pandang berbeda, usahakan untuk menjaga karakter makanan yang akan ditonjolkan sebagai elemen utama dalam gambar. Berhati-hatilah saat menambahkan elemen apa pun yang mungkin akan menyaingi dan mengganggu subyek utama. Hal ini penting agar orang lain dapat melihat penggambaran makanan sebagai karakter utama.

7. Momen yang Tepat

Terakhir Cobalah perhatikan setiap hal di sekitar kalian. Perhatikan momen yang terjadi di sekitar makanan agar foto kalian terlihat lengkap dan kaya makna. Terutama momen yang berkaitan dengan budaya. Usahakan selalu waspada, bahkan detail yang kebetulan, seperti kilasan warna, dapat menuntun kalian ke suatu momen yang mungkin kalian harapkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.