Berita Nasional Terpercaya

Aduh! Banyak yang Butuh Tapi Belum Ada Jurusan Ini di Universitas Tanah Air

0

HarianBernas.com – Dunia kerja memang sudah berkembang sangat pesat, kini bukan hanya dokter atau akuntan yang diperlukan oleh banyak orang. Saat ini telah banyak berbagai profesi baru yang diperlukan oleh berbagai instansi atau perusahaan. Namun sayangnya, hingga saat ini masih belum ada jurusan perkuliahan di tanah air yang dapat mengakomodasi profesi tersebut.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Mau tahu jurusan apa saja yang sebenarnya dibutuhkan di Indonesia namun sayangnya belum ada universitas tanah air yang memilikinya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Bisnis Online

Dunia bisnis digital saat ini telah berkembang dengan sangat pesat, di Indonesia sendiri para pelakunya belajar secara otodidak tanpa adanya jalur akademis. Jika ini dibiarkan terus-menerus, bisa jadi perkembangan bisnis digital di Indonesia akan kalah dengan negara-negara lain.

Ke depannya, jika hanya berdasarkan pengalaman saja maka tak akan dapat menjawab tantangan dari kompetitor lainnya. Untuk bisa menganalisa lini bisnis tersebut, masih diperlukan kajian ilmiah lewat berbagai jurusan di bangku kuliah.

Untuk negara-negara maju seperti Inggris dan Amerika, jurusan bisnis online telah lama diajarkan dalam bangku kuliah. Sebut saja Kaplan University, University of North Carolina, Seattle University, McKinley College, Clarkson University, Western Michigan University dan banyak universitas lainnya yang telah mempunyai konsentrasi di bidang bisnis online.

Baca juga: 10 Universitas Negeri dan Swasta di Bandung serta Jurusannya

Penulisan kreatif

Hampir semua perusahaan mempunyai situs atau website untuk setiap produknya, berbagai media digital juga mengalami perkembangan yang terbilang sangat pesat. Hal itu pun diikuti dengan kebutuhan konten yang selalu saja meningkat melalui adanya penulisan kreatif. Sayangnya sampai saat ini, di Indonesia belum memiliki universitas yang mempunyai jurusan khusus membahas penulisan kreatif.

Sedangkan di belahan negara yang lain, penulisan kreatif menjadi salah satu jurusan favorit di universitas yang mereka miliki. Diambil dari laman College Magazines, inilah 10 universitas yang memiliki jurusan penulisan kreatif paling baik di Benua Amerika, Emory University, Colombia University, University of Virginia, New York University, oberlin college, Washington University, Brown University, John Hopkins University, University of Texas, dan University of Iowa. Kita tunggu kapankah jurusan penulisan kreatif akan mampir di Indonesia.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Drama televisi

Sangatlah mengenaskan, ketika kita mengetahui jika pemirsa televisi di Indonesia mayoritas menyaksikan drama atau sinetron televisi. Namun sayangnya jurusan drama televisi tidak ada di universitas di Inonesia ini.

Memang jurusan drama telah ada, terlebih lagi jurusan film dan televisi pun sudah ada di beberapa universitas terkemuka di Indonesia. Tetapi jika berbicara tentang jurusan sinetron atau drama televisi, kita hanya bisa geleng-geleng kepala saja.

Kenyataan yang kita lihat adalah kualitas sinetron kita yang jauh bila dibandingkan dengan sinetron negara lain. Jika sudah begini, tidak mengherankan jika televisi negara kita berisi sinetron dari negara-negara lain seperti India, Turki, Korea Selatan dan bahkan dari negara tetangga kita, Filipina.

Baca juga: 10 Universitas Jurusan Perhotelan Terbaik dan Unggul di Indonesia

Komunikasi digital atau media sosial

Permasalahan yang juga diiringi dengan peluang dari media sosial saat ini namanya tak dapat dikendalikan di Indonesia. Semakin lama semakin kompleks saja permasalahan media sosial di tanah air. Hal itu seharusnya mulai dipikirkan secara serius oleh dunia pendidikan.

Sayangnya hanya terdapat mata kuliah saja untuk membahasan media sosial, sehingga saat ini hal itu masih belum mencukupi kebutuhan yang ada. Beberapa universitas di negara maju telah mempunyai jurusan komunikasi digital yang cukup mumpuni, sebut saja New York University di Amerika Serikat, the University of Queensland di Australia, dan beberapa universitas lainnya.

Sepertinya pendidikan di Indonesia harus ekstra kerja keras untuk mengejar ketertinggalan dari banyak negara maju di dunia ini. Kita tidak mau kan generasi muda Indonesia yang berkualitas berkarya di negara lain? 

Baca juga: Daftar Universitas Kuliah Jurusan Bisnis Manajemen di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.