Berita Nasional Terpercaya

4 Tips Ajarkan Kebiasaan Menabung Pada Anak

0

HarianBernas.com – Mengajarkan anak-anak supaya terbiasa menggunakan uang secara disiplin dapat menjadi salah satu investasi terbaik yang pernah dimiliki Anda. Keterampilan yang diajarkan kepada mereka sejak dini akan membentuk kebiasaan belanja dan tabungan mereka di masa depan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua sangat dianjurkan untuk mengajarkan anak untuk cerdas dan terbiasa dengan keuangan sedini mungkin. Berikut ini beberapa tips mengajarkan kebiasaan menabung pada anak, seperti yang dikutip dari Liputan 6.

Menyimpan tujuan

Tips mengajarkan kebiasaan menabung pada anak yang pertama yaitu menyimpan tujuan. Dalam kehidupan, penting untuk mengajarkan kepada anak-anak Anda bagaimana menetapkan tujuan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini akan membantu Anda untuk menetapkan tujuan tabungan dengan anak-anak:

Apa yang ingin dibeli?

Berapa banyak uang yang diperlukan untuk membeli barang atau sesuatu?

Jelaskan kepada anak Anda mengapa menabung itu penting demi tujuan yang diinginkan.

Uang saku

Tips mengajarkan kebiasaan menabung pada anak yang kedua yaitu uang saku. Apabila Anda mempunyai tujuan yang dipikirkan, kembangkan sistem uang saku untuk membantu anak Anda dalam mencapai tujuan mereka.

Menyiapkan sistem uang saku dapat membantu anak untuk memahami nilai uang. Sampaikan pula kepada mereka, Jika bekerja keras, maka akan memperoleh sesuatu sebagai balasannya.

Menghasilkan uang dari pekerjaan kecil di sekitar rumah seperti membantu Anda mencuci mobil, menyimpan mainan mereka dengan rapi atau membersihkan kamar mereka, akan mengajarkan kepada mereka untuk semakin memahami konsep kerja sebagai penghargaan finansial.

Gambarkan dalam bentuk skema hemat, seperti misalnya gambaran visual yang bagus mengenai berapa banyak uang yang dapat ditabung dan seberapa dekat mereka untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Buatkan anak rekening bank

Tips mengajarkan kebiasaan menabung pada anak yang ketiga yaitu dengan membuatkan anak rekening bank. Membuat rekening bank atas nama anak merupakan cara yang baik untuk menghemat uang mereka, namun hal tersebut bukanlah satu-satunya pilihan.

Menggabungkan dua objek tabungan akan membantu anak-anak untuk memahami berbagai metode menabung.

Seringkali bank-bank Yang ada sekarang ini digunakan untuk jangka pendek atau tujuan kecil, sedangkan rekening tabungan dapat digunakan untuk tujuan yang lebih besar.

Sebagai orang tua, sebaiknya Anda dapat pula mengakses rekening tabungan anak Anda semisal melalui internet atau kartu banking, Dimana Anda bisa dengan mudah membantu anak dalam mengelola uang mereka dan menyaksikan tabungannya bertumbuh.

Percakapan tentang perbankan

Tips mengajarkan kebiasaan menabung pada anak yang keempat yaitu percakapan tentang perbankan. Salah satu tempat terbaik untuk membahas keuangan yaitu di supermarket. Supermarket merupakan tempat yang tepat untuk mengajarkan kepada anak Anda mengenai keuangan, misalnya Bagaimana Anda menghemat uang ketika mengambil merek gula yang lebih murah, atau kartu debit Apakah yang Anda bayar untuk berbelanja.

Cara lainnya yang lebih sederhana seperti pergi ke ATM dan menjelaskan kepada anak Anda apa yang dilakukan ATM Ketika Anda memerlukan uang.

Setiap percakapan yang Anda miliki saat ini penting untuk membuat anak memahami hal keuangan.

 

Itulah beberapa tips mengajarkan kebiasaan menabung pada anak. Anda dapat Mulai mengajarkan kebiasaan menabung pada anak sejak dini dengan cara menyimpan tujuan, memberlakukan sistem uang saku, membuatkan anak rekening bank, dan percakapan tentang perbankan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.