Berita Nasional Terpercaya

Ini Dia 5 Destinasi Wisata yang Bisa Bikin Kamu Pinter dan Peduli Lingkungan

0

HarianBernas.com – Indonesia termasuk dalam daftar negara dengan polusi tertinggi. Orang Indonesia kurang memperhatikan aspek pengelolaan limbah dan sampah. Namun, bukan berarti orang Indonesia tak kenal kebersihan. Terdapat beberapa teladan mengenai kebersihan dan lingkungan dipelopori oleh beberapa anak bangsa. Langkah ini sempat menjadi perhatian dunia.

Berikut ini, beberapa destinasi wisata di Indonesia yang patut kita banggakan dan teladani. Bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk lebih perhatian lagi terhadap masalah lingkungan.

1. Penglipuran, desa terbersih di dunia

Pemukiman tradisional ini letaknya tak jauh dari Kintamani dan dikenal karena keindahannya. Penglipuran disebut-sebut sebagai salah satu desa paling bersih di dunia. Desa ini menduduki tempat ketiga setelah Giethoorn (Belanda) dan Mawlynnong (India).

Penglipuran merupakan kawasan wisata populer. Namun, desa ini tetap bisa mempertahankan sisi tradisional dan kelestarian lingkungannya. Penataan desa dan bangunan tradisionalnya masih terjaga utuh. Begitu juga dengan 75 hektar hutan bambu dan 10 hektar vegetasi yang masih terawat. Bahkan, inilah yang menjadi ciri khas Penglipuran di mata dunia.

2. Bersihnya Air Asinahu, sungai di Pulau Seram

Siapapun yang pernah melihat langsung Air Asinahu pasti kagum olehnya. Meskipun berhimpitan dengan pemukiman Desa Sawai, sungai di Pulau Seram, ini masih terjaga kebersihannya. Airnya jernih berwarna kehijauan. Padahal warga menggunakan air sungai untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk mandi dan mencuci baju. Warga Sawai dan sekitarnya memang berkomitmen untuk menjaga sungai mereka agar bebas pencemaran.

3. Selokan merangkap kolam ikan Joko Sucipto

Kolam milik Mbah Joko, di Dukuh Samberan, Pluneng, Klaten. Mbah Joko meniru cara memelihara ikan di selokan seperti di Jepang. Selokan di depan rumahnya dibendung sepanjang 10 meter dengan kawat penyaring air. Kolam yang sudah terbentuk digunakan untuk memelihara ikan mas dan gurami. Selanjutnya, Mbah Joko mulai membudidayakan pula ikan nila, mujair, dan koi. Agar air tetap bersih, ikan hanya diberi makan nasi atau roti sisa.

Tak cuma menghasilkan, kolam selokan Mbah Joko juga menjadi tontonan tersendiri bagi warga. Kolam tersebut menjadi viral di jejaring sosial, dan menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

4. Bank sampah

Bank sampah merupakan metode pengelolaan sampah di Indonesia yang dipuji dunia. Bisa ditemukan di beberapa kampung yang ada di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Pada bank sampah, limbah rumah tangga dipisahkan menjadi sampah organik dan non-organik oleh masing-masing rumah. Setelah itu, disetorkan ke bank sampah dalam bentuk deposit, layaknya orang yang sedang menabung di bank. Sampah yang disetor dihargai dengan tarif yang telah ditentukan 

Sampah organik diolah menjadi kompos, sedangkan sampah non-organik dipilah-pilah lagi menjadi sampah plastik, kertas, serta botol dan logam. Hasilnya dijual dan dimasukkan ke rekening sampah warga. Jadi, selain menikmati lingkungan yang bersih, warga juga bisa mendapatkan keuntungan ekonomis dari sampah

5. Kantong kresek bioplastik Avani Eco

Kevin Kumala, seorang pengusaha muda asal Bali menarik perhatian dunia karena inovasi ramah lingkungan yang dia pelopori. Kevin memproduksi kantong kresek biodegradable. Artinya kantong kresek buatannya tidak akan mencemari lingkungan karena bisa dicerna dengan mudah oleh alam. Bahkan, jika termakan oleh binatang pun tak akan menjadi masalah.

Kevin membuat kantong bioplastik tersebut karena prihatin dengan permasalahan limbah plastik yang semakin gawat di Pulau Jawa dan Bali. Dengan adanya kantong bioplastik diharapkan bisa mengurangi limbah plastik yang dihasilkan oleh masyarakat setiap harinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.