Berita Nasional Terpercaya

Tukar Uang Pecahan Kecil di Monas? Ini Syaratnya

0

JAKARTA, HarianBernas.com ? Jelang Lebaran banyak orang berburu uang pecahan kecil. Bank Indonesia dan 13 bank melayani jasa penukaran uang di kawasan Monumen Nasional, Jakarta pada Senin (5/6/17).

Warga sekitar yang ingin menukarkan uang bisa datang ke Monas. Namun, BI menetapkan syarat untuk setiap penukaran. Warga harus membawa serta kartu identitas seperti KTP.

Selain untuk mencatatkan transaksinya, hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penukaran lebih dari satu kali dalam sehari dengan identitas yang sama. Pasalnya, ada oknum yang memanfaatkan penukaran uang untuk menimbun pecahan rupiah dan dijual lagi. Seperti yang banyak dilakukan para 'Inang-inang' di wilayah Kota Tua Jakarta. 

“Pokoknya harus KTP ya. Identitas lain seperti SIM atau yang lainnya, nggak bisa kami terima,” kata Manager Divisi Pengelolaan Uang Keluar Bank Indonesia Firdaus, di Monas, Jakarta.

Ia menyampaikan dalam satu hari transaksi BI hanya melayani sekitar 1.400 transaksi yang dilayani 14 kendaraan perbankan. Setiap bank hanya diperbolehkan melakukan 100 transaksi per hari. Sebanyak 1.400 transaksi penukaran, terbagi menjadi 1.200 transaksi tunai, dan 200 transaksi non tunai. Dengan demikian warga yang tidak sempat membawa uang tunai, masih diperbolehkan untuk menukar, dengan membawa kartu ATM.

Leave A Reply

Your email address will not be published.