Berita Nasional Terpercaya

Dua Pembalap Repsol Honda Ini Beda Pendapat tentang Layout Baru Catalunya

0

HarianBernas.com – Dalam gelaran Moto GP tahun 2017 ini, sirkuit Catalunya yang berletak di Spanyol telah melakukan perubahan layout baru tahun ini. Hal itu menuai reaksi dari kedua pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marques yang berbeda pendapat terhadap layout baru di sirkuit Catalunya itu.

Dani Pedrosa sendiri sebelumnya mengakui dirinya tak sabar menghadapi seri kandangnya, MotoGP Catalunya pada akhir pekan ini. Ia penasaran menjajal kuda besinya untuk melintasi layout baru Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Di seri sebelumnya, nasib sial menghampiri Pedrosa di gelaran MotoGP Mugello akhir pekan lalu. Ia keluar dari lintasan setelah bertabrakan dengan rider LCR Honda, Cal Crutchlow di lap terakhir. Di Catalunya nanti, ia berniat ingin membayar atas kesalahan yang ia lakukan di Italia apalagi akan tampil di hadapan publik sendiri.

“Saya tak sabar balapan di Montmelo karena saya sangat menyukai lintasannya dan atmosfernya sangat menakjubkan. Kami akan bekerja sekeras mungkin untuk kembali ke level performa kami sebelum Mugello dan mencoba memanfaatkan data yang kami dapatkan saat uji coba pada bulan Mei lalu,” ujarnya dalam rilis resmi tim.

Sirkuit Barcelona-Catalunya tahun 2017 ini bakal menghadirkan perubahan chicane pada sektor terakhir lintasan, di mana chicane ini lebih pendek dan sempit dari versi pendahulunya. Menurut Pedrosa, perubahan ini tak terlalu berpengaruh bagi Honda dan lebih mencemaskan kualitas aspalnya yang kian menurun.

“Kami telah menjajal chicane dan modifikasi baru pada layout yang kini lebih sempit ketimbang sebelumnya, meski catatan waktunya cukup mirip dengan yang lama. Aspal lintasan sangat bergeronjal dan ini akan menjadi faktor yang harus diperhitungkan. Kami siap tampil 100% demi hasil baik!” pungkasnya.

Ketika rekan satu timnya mengeluhkan atas perubahan sektor terakhir Sirkuit Catalunya, pembalap Repsol Honda lainnya, Marc Marques justru bersemangat untuk melintasi sirkuit Catalunya dengan layout terbarunya. Ia juga termotivasi karena besok akan tampil di hadapan publik sendiri.

Setelah menuai hasil kurang maksimal di sirkuit Mugello, Italia, hanya berhasil finis di posisi keenam, di seri selanjutnya ini, Marquez bertekad untuk menapakan kakinya di tangga podium kembali. Menurutnya, performanya di Italia sudah cukup kompetitif, tapi belum cukup untuk bertarung di depan.

“Saya senang bisa beraksi di Catalunya, mengingat balapan di rumah dengan seluruh penggemar selalu memberi motivasi ekstra. Kami berusaha mengendalikan situasi sebaik mungkin di Italia, tapi kami harus lebih baik. Kami mampu konsisten berada di level performa yang sama,” ujarnya dalam rilis resmi tim.

Peraih juara tiga kali dunia ini mengaku makin nyaman atas layout baru sirkuit Catalunya itu setelah melakukan uji coba bersama rider lain dua pekan lalu bersama tunggangan RCV213V miliknya.

“Uji coba yang kami jalani di Catalunya beberapa waktu lalu berjalan baik. Kami menjalani banyak lap, memperbaiki setup, jadi kami akan memanfaatkannya kali ini,” tuturnya.

Sedangkan sektor yang diubah pada area chicane itu, menurut pembalap Ducati, Jorge Lorenzo akan sangat cocok untuk karakter Honda. Marques pun sependapat dengan pernyataan rekan separtriotnya itu.

“Soal perubahan layout lintasan, saya rasa menarik dan cukup menantang. Kecepatan dan tikungan di sisa lintasan tetap sama, sementara di sektor terakhir kini cukup berbeda. Tapi jujur saja, layout-nya unik, jadi saya menyukainya!” pungkas Marquez

Leave A Reply

Your email address will not be published.