Berita Nasional Terpercaya

Ini Dia Beberapa Pengeluaran Tak Terduga Selama Bulan Puasa

0

HarianBernas.com – Tidak hanya pahala yang bertambah ketika bulan puasa, pengeluaran Anda juga akan semakin bertambah. Hal tersebut disebabkan oleh harga kebutuhan pokok yang merangkak naik ketika bulan Ramadan tiba, Selain itu banyaknya acara buka puasa juga dapat menyebabkan pengeluaran Anda semakin membengkak.

Berikut ini beberapa pengeluaran tak terduga selama bulan puasa, seperti yang dikutip dari Liputan 6.

Biaya bensin lebih mahal

Pengeluaran tak terduga selama bulan puasa yang pertama yaitu biaya bensin yang menjadi lebih mahal. Rahasia umum jika lalu lintas semakin parah macetnya saat bulan puasa, Terutama ketika menjelang waktu berbuka. Bahkan banyak yang sikut-sikutan di jalan raya hanya demi lebih cepat sampai di rumah sepulang kerja.

Karena macet, maka semakin banyak bensin yang menguap percuma di jalan. mungkin terlintas dipikiran anda untuk beralih ke angkutan umum? Cobalah bandingkan ongkos transportasi dengan menggunakan keduanya. Mungkin saja lebih murah apabila anda menggunakan transportasi umum.

Biaya buka puasa di luar

Pengeluaran tak terduga selama bulan puasa yang kedua yaitu biaya buka puasa di luar. Buka puasa bersama memang penting untuk menjaga tali silaturahmi. Namun Bukan berarti semua tawaran buka bersama bisa langsung anda setujui.

Atau malah anda sendiri yang membuat jadwal buka puasa hampir setiap hari? Meskipun anda memiliki kartu kredit sehingga Anda bisa memperoleh diskon, namun tetap saja anda mengeluarkan uang untuk keperluan yang satu ini.

Bagi-bagi THR

Pengeluaran tak terduga selama bulan puasa yang ketiga yaitu bagi-bagi THR. Bagi-bagi amplop saat lebaran, memang lumrah dilakukan oleh orang yang sudah bekerja kepada anggota keluarga yang masih kecil. Ini merupakan tradisi yang bagus, Namun bukan berarti anda asal-asalan dalam membagi bagi THR.

Lihatlah kemampuan keuangan anda sendiri terlebih dahulu. Kemudian bilah anggota keluarga yang akan Anda berikan THR. Sesuaikan pula dengan nominal dan usia mereka.

Belanja keperluan lebaran

Pengeluaran tak terduga selama bulan puasa yang keempat yaitu belanja keperluan lebaran. Biaya belanja bahan pokok mungkin dapat ditekan karena kebijakan pemerintah. Namun ada pos keperluan lain selama bulan puasa, yaitu serba-serbi lebaran.

Seperti misalnya, membeli baju lebaran. Karena ada THR, maka belanja menjadi tak terkontrol. Keluarga dibelikan sepatu, celana, baju, dan lain-lain. Tanpa Anda sadari Uang THR habis, bahkan tabungan Anda juga ikut terambil.

Padahal Uang THR yang anda miliki dapat anda alokasikan untuk hal lain yang tak kalah bermanfaat, Misalnya saja ditabung untuk membeli rumah. Ingat, harga rumah semakin lama semakin mahal.

Biaya untuk mudik

Pengeluaran tak terduga selama bulan puasa yang kelima yaitu biaya untuk mudik. Harga tiket mudik lebaran selalu menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan hari Biasanya. Bahkan dapat mencapai 2 kali lipat. Tapi biasanya harga yang ditawarkan jauh jauh hari sebelum lebaran itu lebih murah.

Seperti misalnya, tiket kereta. Terdapat pula beberapa harga untuk kategori tempat duduk yang berbeda. Jika anda memesan tiket kereta lebih awal, maka anda dapat memperoleh harga yang paling murah. Selanjutnya aturlah pengeluaran setiap hari supaya tak melebihi batas tersebut. Bulan Puasa merupakan momentum yang tepat untuk mengatur keuangan.

Anda dapat memprioritaskan pengeluaran yang penting terlebih dahulu dalam merencanakan anggaran keuangan. Jika anda tidak berhati-hati, maka pengeluaran tahun bahan ketika bulan puasa tersebut dapat membuat keuangan anda menjadi berantakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.