Berita Nasional Terpercaya

Bagaimana Cara Menjadi Travel Writer yang Disukai Banyak Orang? Ini Dia 6 Hal yang Harus Kamu Pahami

0

HarianBernas.com – Penulisan catatan perjalanan saat ini banyak dilakukan oleh pegiat traveling. Ditambah dengan maraknya media sosial selama beberapa tahun terakhir memberikan keuntungan bagi mereka untuk membagikan pengalaman mereka ke khalayak dunia maya.

Mudahnya mengakses internet menghadirkan tantangan tersendiri bagi mereka yang menggeluti dunia kepenulisan seputar wisata dan jalan-jalan. Foto menarik dengan resolusi tinggi pasti sangat membantu daya tarik sebuah tulisan.

Agar tulisan kalian lebih menarik, berikut kami bagi beberapa ide yang bisa membuat pembaca tetap menikmati tulisan kalian sampai akhir.

Baca juga: Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, dan Ineratif

1. Mencari sisi unik dari tempat wisata yang belum banyak ditulis oleh orang lain

Ini jadi tantangan tersendiri bagi kalian jika menulis tempat wisata yang sudah dikunjungi ribuan orang sebelumnya. Sebagai contoh, yogyakarta dimana keraton sebagai pusat kerajaan sudah sangat tersohor puluhan bahkan ratusan tahun silam. Akan menjadi percuma bila kalian masih menyoroti keunikan arsitektur dan sejarah keraton kecuali jika kalian tak peduli tulisan itu akan dibaca orang atau tidak.

Kalian bisa mengulik sisi lain dari keraton yang belum banyak diketahui oleh orang lain. Misal, kehidupan para abdi dalemnya terkait dengan status Yogyakarta sebagai daerah istimewa. Kalian Bisa juga menambahkan banyak foto bangunan lama yang masih bertahan hingga kini dan jadi daya tarik tersendiri bagi turis.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

2. Berbagi tips berlibur dengan budget minim

tips ini sudah banyak dilakukan dan saat ini memang paling berguna. Bagi mereka yang ingin bepergian ala backpacker pasti gencar mencari info mengenai budget. Tak ada salahnya kalian mencoba sebab akan berbeda bagi tiap penulis tergantung pada pengalaman kalian saat traveling.

Ada yang punya pengalaman sukses menghemat pengeluaran untuk makan, teliti dalam memilih transportasi murah bahkan tahu rute kendaaraan muatan yang mau dimintai tebengan. Hingga numpang menginap di rumah kenalan. Menulis tips travel dengan anggaran terbatas akan selalu hits sebab kebutuhan dan kemampuan pembaca akan berbeda-beda. Menulis tips seperti ini akan tetap menjadi buruan pembaca.

Baca juga: 4 Langkah Menemukan Ide Pokok Paragraf dengan Mudah

3. Fokus pada obyek tertentu dari suatu tempat

Kalian tidak harus tahu segala hal, cukup kuasai obyek wisata kesukaan kalian. Bisa hanya menulis pantai yang ada di suatu kota atau negara dengan lebih spesifik. Bisa pula membahas museum yang menarik dengan informasi yang lebih lengkap.

Bila kalian menyukai kuliner coba menulis makanan khas, restoran atau kafe yang asyik. Jangan khawatir bila tulisan kalian tidak lengkap. Mungkin tulisan kalian tak sesuai dengan selera banyak orang tetapi di sisi lain, penyuka topik yang kamu tulis akan selalu merindukan karya-karyamu.

Baca juga: Interpretasi : Pengertian , Tujuan, dan Macam-macamnya 

4. Menceritakan tata hidup penduduk di kota atau negara tertentu

Dapat pula menulis tentang gaya hidup penduduk lokal, budaya atau interaksi mereka sehari-hari. Apakah mereka sering menghabiskan waktu sore nongkrong di kafe atau justru di rumah saja bersama keluarga. Kalian bisa menginap di rumah penduduk sekitar untuk mengetahui kehidupan warga sekitar tempat wisata.

Kalian bisa menuliskan mengenai sistem transportasi umum, jam kerja warga yang berbeda bagi mereka yang tinggal di kota dengan yang di pedesaan menghadirkan pengetahuan tersendiri bagi wisawatan yang sangat layak dibagi kepada orang lain.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Ciri-ciri Komik sebagai Karya Sastra

5. Menulis pengalaman selama bepergian

Ceritamu selama liburan menjadi sajian utama. Kesan yang kalian peroleh tentang tempat baru tersebut, penduduk di sana, makanan dan minuman, perlakuan penduduk terhadap orang asing bisa jadi bahan yang selalu akan berbeda bagi setiap penulis.

Hal ini sebab tiap orang melihat pengalamannya dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Segala rasa yang dialami saat bepergian pun akan beragam dan bersifat subyektif. Inilah tujuan utama kalian traveling yang sebenarnya, menyatu dengan tempat dan budaya lokal. Yang tak akan bisa diwakilkan oleh jepretan foto seindah apa pun, sebab narasi yang indah akan membawa pembaca larut serasa sedang melakukan liburan.

Atas poin terakhir inilah, berpetualang tetaplah sangat perlu dilakukan sebab ada banyak hal yang akan mengubah hidupmu yang tak sanggup diceritakan melalui gambar.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap
 

Leave A Reply

Your email address will not be published.