Berita Nasional Terpercaya

Suka Berburu Sunrise? Ini Lokasi yang Menakjubkan di Yogyakarta

0

HarianBernas.com ? Yogyakarta dan sekitarnya punya panorama alam yang tak ada habisnya. Destinasi wisata di Yogyakarta pun terus bertambah banyak dan punya keseruannya masing-masing termasuk spot untuk melihat matahari terbit.

Yogyakarta yang kaya akan wisata alam ini memiliki banyak lokasi dan spot-spot keren untuk memuaskan hasrat berburu panorama sunrise baik di pantai, bukit, hingga candi. Ya, fenomena matahari terbit memang menjadi salah satu moment favorite yang sering dicari pemudik hingga wisatawan. Pencinta fotografi pun selalu mencari kesempatan untuk mendapatkan momen terbaik.

Perlu diketahui, selain keindahan sunrise yang memukau, sinar matahari juga memiliki manfaat bagi tubuh. Secara psikologi Anda yang menikmati sinar matahari pagi akan lebih bersemangat dan bergairah dalam menjalani aktifitas sehari hari. 

1. Status Merapi yang Masih Aman, Segeralah Berburu Sunrise Terbaik

Bagi yang suka mendaki gunung, inilah spot terbaik untuk mendapatkan peristiwa matahari terbit dari puncak Gunung Merapi. Untuk ke sana, ada dua jalur untuk masuk ke Taman Nasional Gunung Merapi, yaitu lewat jalur Selo (utara) dan jalur Babadan (barat). Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000-Rp10.000 dan waktu pendakian kurang lebih 3 jam, kamu akan segera tiba di puncak Gunung Merapi.

Ada baiknya kamu camping terlebih dulu di puncak agar sempat menikmati matahari terbit. Jalanan berbatu yang gampang longsor dan tebalnya debu membuat kamu harus ekstra hati-hati saat berjalan. Jika memang berniat ingin mendapatkan momen sunrise, persiapkanlah jauh-jauh hari termasuk tenaga.

2. Menangkap Sunrise di Kebun Buah Mangunan yang Penuh Pesona

Kebun Buah Mangunan menjadi tempat wisata di Bantul yang lagi naik daun. Butuh waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Yogyakarta menuju ke kebun buah ini. View sunrise di Mangunan ini sangat indah. Selain matahari terbit, Anda juga akan disuguhi pemandangan kabut-kabut yang menyelimuti bukit-bukit. Apalagi kabut di puncak kebun buah Mangunan ini menutupi sungai yang ada di bawah tersebut. Inilah fenomena yang sangat langka.

Syaratnya harus datang pagi-pagi benar. Lokasi ini juga instagramable. Jangan lewatkan untuk berfoto dan selfie. Kebun Buah Mangunan akan memasang tarif masuk sebesar Rp 5.000. Kalau jam-jam subuh mungkin masih sepi penjaga untuk wisatawan yang ingin berburu sunrise. Alhasil, bisa masuk saja alias gratis.

3. Kemewahan Sunrise dari Balik Candi Prambanan

Candi Prambanan menjadi bukti dari keberadaan agama Hindu di tanah Jawa. Candi ini memiliki relief yang diukir dengan apik di dinding batunya. Selain menikmati kemegahan bangunan Candi Prambanan, Anda juga bisa menikmati spot terbaik untuk menikmati golden sunrise di pagi hari.

Pemandangan menjadi lebih spektakuler ketika candi ini dibalut oleh cahaya alam matahari terbit. Bangunan Candi Prambanan bisa menambah keindahan kemunculan sang mentari yang secara perlahan muncul. Matahari seakan muncul dari balik bangunan Candi Prambanan yang megah.

4. Candi Borobudur Ternyata Juga Menawarkan Panorama Matahari Terbit

Sedikit menjauh dari Kota Yogyakarta, pemandangan fantastis sunrise di atas candi bisa disaksikan di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur masuk 7 keajaiban dunia yang telah diakui dunia. Keindahan candi peninggalan kerajaan Buddha terbesar ini tak diragukan lagi.

Tak hanya itu, Candi Borobudur juga menyimpan panorama matahari terbit yang sangat mengagumkan mata. Kamu bisa berangkat pada waktu subuh, sebelum matahari mulai tampak.

Istimewanya, kamu bisa menghidup udara pagi hari sembari merasakan hangatnya mentari yang perlahan-lahan mulai hangat. Untuk bisa menikmati sunrise yang indah tersebut. Bisa saja Anda menginap di Hotel Manohara, yang memiliki akses khusus untuk bisa masuk ke dalam area Borobudur.  

Leave A Reply

Your email address will not be published.