Berita Nasional Terpercaya

Anak Anda Lebih Dekat dengan Orang lain dari Pada Anda? Lakukan Hal Ini Untuk Merebut Hatinya!

0

HarianBernas.com – Sebahagia apapun hubungan keluarga Anda, pasti pernah merasakan pasang surutnya. Ini juga terjadi antara orang tua dengan anak. Apabila Anda melihat budaya timur, orang tua sering menempatkan diri bahwa mereka ada di pihak yang benar. Tentu saja ini membuat anak menjadi sakit hati.

Apabila anak mulai terlihat sakit hati, maka Anda harus segera mengambil tindakan. Jangan sampai, anak menjadi sakit hati terlalu lama dan hubungan antara orang tua dan anak menjadi renggang. Pentingnya untuk merekatkan kembali hubungan antara orangtua dan anak apabila anak merasa sakit hati karena orang tua selalu memposisikan dirinya berada di posisi yang benar.

Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil dengan cara yang sederhana, seperti yang dilansir dari keluarga.

1. Mendengarkan apa yang mereka katakan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil adalah mendengarkan apa yang mereka katakan. Ketika Anda sebagai orang tua mau mendengarkan apa yang mereka katakan, ini menjadi bentuk penghormatan yang tulus dari orang tua kepada anak.

Ketika anak merasa dihormati, biasanya mereka juga akan menghormati Anda nantinya. Yang harus dihormati tidak hanya Anda sebagai orangtua, namun juga Anda perlu menghormati anak-anak yang memiliki jalan pikiran yang sering berbeda dengan Anda.

Perbedaan pola pikir ini menjadi salah satu hal yang wajar terjadi. Untuk itu, cobalah untuk mendengarkan anak ketika mereka memiliki pendapat atau keinginan.

2. Melakukan berbagai macam aktivitas bersama

Hal kedua yang harus dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil adalah melakukan berbagai macam aktivitas bersama. Tidak ada salahnya jika sesekali Anda membuat jadwal kegiatan bersama dengan anak Anda. Melakukan suatu kegiatan yang disukai oleh anak. Misalnya, anak senang untuk berenang tidak ada salahnya jika Anda sesekali ikut berenang menemani si kecil.

Mereka pasti senang ketika Anda mau menemani mereka. Anda juga bisa jalan-jalan ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju bali bersama dengan si kecil. Mereka pasti akan senang ketika Anda membelikan baju baru atau mainan baru.

Anda bisa mendiskusikan dengan si kecil tentang model kesukaannya. Ini akan membuat si kecil belajar untuk memilih. Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan bersama dengan si kecil tanpa perlu menghabiskan biaya yang banyak.

3. Jangan mengucapkan kata 'harus'

Hal ketiga yang harus dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil adalah dengan tidak mengucapkan kata harus. Ketika Anda mengatakan kata tersebut, ini lebih condong memberikan kesan Anda memaksakan si kecil apabila Anda ingin merebut kembali hati si kecil, maka Anda tidak boleh mengucapkan kata harus dalam setiap komunikasi antara Anda dan si kecil.

Daripada menggunakan kata harus, Anda disarankan untuk menggunakan kata sebaiknya agar lebih halus. Pemilihan kata merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan bagi setiap orang tua. Apabila Anda menggunakan kata yang kasar, tentu saja ini akan membuat si kecil sakit hati.

Anda pribadi pasti tidak mau berbicara dengan orang yang selalu menggunakan kata-kata kasar bukan? Apalagi jika mereka memaksa kehendak Anda. Hal ini juga dialami oleh si kecil. Mereka tidak mau dipaksa. Jangan sampai si kecil berubah menjadi sosok yang nakal hanya karena Anda tidak memperhatikan kata-kata yang Anda gunakan.

4. Memberikan pujian

Hal keempat yang harus dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil adalah dengan memberikan pujian. Mungkin beberapa dari Anda berpikir untuk apa memberikan pujian patung si kecil. Tahukah Anda pujian yang Anda berikan pada si kecil sebenarnya bermakna sangat besar untuknya.

Ketika Anda memberikan pujian pada si kecil ini menandakan bahwa Anda bangga pada mereka. Apabila si kecil memang patut untuk mendapatkan pujian dari Anda, maka Anda harus memberikan pujian. Pujian mampu membuat si kecil menjadi lebih percaya diri kedepannya.

5. Mengakui kesalahan

Hal kelima yang harus dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil adalah dengan mengakui kesalahan yang Anda lakukan. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Sekalipun itu Anda sebagai orang tua. Orang tua bukan berarti selalu benar dan tidak pernah melakukan kesalahan.

Tahukah Anda, ketika Anda berpikir bahwa Anda selalu benar sebenarnya Anda telah melakukan kesalahan. Ketika Anda melakukan kesalahan, tidak ada salahnya jika Anda mengakui kesalahan pada si kecil.

Jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan pada mereka karena ini akan membuat si kecil paham mana hal yang benar dan mana hal yang salah. Si kecil akan belajar dari Anda sebagai orang tua untuk bersosialisasi di lingkungan luar kedepannya.

6. Menjadi teladan yang baik

Hal keenam yang harus dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil adalah dengan menjadi teladan yang baik. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa orang tua adalah guru bagi setiap anak-anaknya. Apabila Anda sebagai orang tua melakukan hal yang buruk, tentu saja anak akan meniru apa yang Anda lakukan nantinya.

Untuk itu, jadilah teladan yang baik bagi si kecil agar mereka bisa menirunya. Lakukan berbagai hal yang baik agar si kecil paham bahwa itu adalah hal yang baik. Si kecil memang perlu dikenalkan dengan berbagai perilaku yang buruk.

Namun bukan berarti Anda harus melakukannya untuk memperkenalkannya pada si kecil. Hanya dengan memberi tahu, ini sudah cukup untuk membuat si kecil paham mana hal yang benar dan mana hal yang salah.

7. Mengatakan bahwa Anda mencintai mereka

Hal ketujuh yang harus dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil adalah dengan mengatakan bahwa Anda mencintai mereka tahukah Anda, di jaman yang semakin modern ini banyak orang enggan untuk mengungkapkan rasa cinta mereka pada anak. Mereka menganggap bahwa dengan menyediakan kebutuhan pokok seperti sandang, papan, tangan, dan pendidikan sudah lebih dari cukup.

Padahal, ini belum cukup untuk menunjukkan bahwa Anda mencintai mereka. Tidak ada salahnya jika Anda mengatakan cinta pada mereka setidaknya dua kali setiap harinya. Ketika Anda mengatakan cinta pada mereka, ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar mencintai mereka. Anak juga akan merasa bahwa mereka dicintai oleh orang tuanya.

Ucapkan kalimat ini di pagi hari ketika mereka akan berangkat sekolah atau bangun tidur dan di malam hari ketika mereka hendak pergi tidur. Ucapkan ini akan membuat hubungan Anda dan si kecil yang pernah retak akan rekat kembali.

8. Menatap matanya saat berbicara

Hal kedelapan yang harus dilakukan untuk merebut kembali hati si kecil adalah dengan menatap matanya ketika Anda berbicara dengan mereka. Ketika Anda menatap mata mereka saat berbicara, ini menunjukkan bahwa Anda perhatian dengan lawan bicara Anda.

Anak-anak pasti akan lebih leluasa untuk mengungkapkan isi hatinya pada Anda ketika Anda mau menatap mata mereka. Cobalah untuk tidak melakukan aktivitas lain ketika Anda berkomunikasi dengan si kecil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.