Berita Nasional Terpercaya

Cara Membersihkan Rumah Ketika Pembantu Mudik Lebaran

0

HarianBernas.com – Lebaran memang menjadi momen untuk kembali berkumpul bersama keluarga dan saudara-saudara. Tak terkecuali bagi para asisten rumah tangga yang merantau, mereka juga memanfaatkan momen lebaran untuk bersilaturahmi dengan saudara di kampung halaman. Untuk kembali bertemu dengan keluarga dan saudara, mereka melakukan perjalanan mudik ke kampungnya. 

Bagi Anda yang asisten rumah tangganya mudik ke kampung halaman, tentu akan sedikit kerepotan dalam hal membersihkan rumah. Hal ini lantaran Anda harus membereskan rumah seorang diri. Apalagi jika saudara-saudara berkunjung ke rumah, maka setelahnya rumah akan menjadi berantakan.

Berikut beberapa tips dalam membersihkan rumah tanpa asisten rumah tangga agar rumah tetap rapi dan nyaman.

Membuat daftar pekerjaan sebelum bersih-bersih dilakukan

Sebelum Anda memulai bersih-bersih rumah, ada baiknya Anda membuat daftar atau list pekerjaan-pekerjaan yang akan dilakukan. Membuat daftar pekerjaan akan membuat tugas bersih-bersih rumah menjadi terarah, jelas, serta mendetail.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda dapat membaginya per-hari dengan menuliskan hal yang dilakukan secara rinci. Kemudian, setelah selesai mengerjakannya, Anda dapat memberikan check list agar menambah semangat untuk menyelesaikan daftar pekerjaan yang telah dibuat.

Membagi daftar pekerjaan kepada anggota keluarga

Ada keuntungan bagi Anda yang sudah memiliki anggota keluarga. Anda dapat membagi pekerjaan yang telah disusun kepada anggota keluarga. Cara ini memiliki dua keuntungan sekaligus yaitu dapat membuat pekerjaan rumah cepat selesai dan dapat melatih anggota keluarga untuk terbiasa membersihkan rumah.

Dalam pembagiannya tentu harus ada aturannya yaitu pekerjaan dibagikan sesuai dengan porsi setiap anggota keluarga. Selain itu, pastikan setiap anggota keluarga harus melaksanakan jatah pekerjaan rumah yang telah didapatkan.

Menggunakan peralatan yang efektif

Setelah membaut daftar pekerjaan dan membagikannya kepada anggota keluarga, Anda juga akan terbantu dengan cara yang ketiga ini yaitu menggunakan peralatan yang efektif. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pekerjaan rumah yang Anda lakukan menjadi lebih mudah.

Pemilihan peralatan juga harus dilakukan yaitu dengan menggunakan peralatan yang efektif serta fungsional. Apabila peralatan Anda sudah lama dan tidak berfungsi maka sebaiknya Anda mengganti peralatan tersebut dengan yang baru agar membantu Anda meringankan pekerjaan rumah.

Membagi waktu dengan aktivitas lainnya

Cara yang keempat ini dapat dibilang penting agar Anda dapat fokus dalam melakukan bersih-bersih. Di sela-sela bekerja, Anda harus memaksimalkan waktu untuk membersihkan rumah dengan sangat baik.

Anda dapat menyisihkan waktu 3 hingga 4 jam dalam sehari untuk hanya fokus melakukan kegiatan bersih-bersih rumah di sela pekerjaan. Jika Anda merasa waktu di atas membuat Anda lelah, Anda dapat menurunkan waktunya menjadi 2 hingga 3 jam setiap harinya.

Jika Anda dapat melakukan hal ini, maka akan ada keseimbangan antara pekerjaan rumah dengan bekerja

Memulai kegiatan yang paling berat terlebih dahulu

Setelah membuat daftar pekerjaan, Anda juga harus memilah pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Untuk pekerjaan yang harus didahulukan adalah pekerjaan yang paling berat dahulu. Misalnya sebelum menyetrika dan mengelap perabotan di rumah, Anda dapat mencuci baju terlebih dahulu dan mengepel lantai.

Bersih-bersih sambil mendengarkan musik

Mungkin Anda akan merasa lelah duluan hanya dengan melihat daftar pekerjaan yang telah dibuat. Jika sudah merasa seperti itu, maka Anda akan mengerjakan daftar yang dibuat dengan berat hati. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat membersihkan rumah sambil mendengarkan musik. Selain dapat mengusir kebosanan, cara ini juga ampuh untuk menambah semangat dalam membersihkan rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.