Berita Nasional Terpercaya

3 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Dapatkan Uang Pesangon

0

HarianBernas.com – Apakah Anda baru saja memperoleh uang pesangon? Apa rencana Anda untuk memanfaatkan pesangon tersebut? Apa saja hal yang harus dilakukan saat dapatkan uang pesangon?

Setiap manusia tentu menginginkan kehidupan yang damai, tenang, dan sejahtera. Namun nyatanya apa yang anda inginkan tak selalu terwujud. Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi pada hari esok, ketika terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK.

Meskipun pertumbuhan dari perusahaan sedang bagus atau karir anda sedang di atas, angin sekalipun tak menjamin Anda dapat luput dari yang namanya PHK.

Tapi yang dapat disyukuri dari PHK yaitu pesangon. Ketika melakukan pemberhentian kerja, maka perusahaan wajib memberikan kompensasi tersebut kepada para karyawan. Nominalnya juga akan disesuaikan dengan kebijaksanaan perusahaan dan berapa lama waktu anda bekerja.

Saat terkena PHK dan mendapatkan uang pesangon, jangan terlalu lama dalam meratapi nasib. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat dapatkan uang pesangon, seperti yang dilansir dari Liputan 6.

Segera tentukan langkah karir selanjutnya

Hal yang harus dilakukan saat dapatkan uang pesangon yang pertama yaitu dengan segera menentukan langkah karir selanjutnya. Jika memang Anda masih berada di usia produktif, maka segera carilah pekerjaan baru. Jika Anda telah berkeluarga dan memang seorang ibu, memilih untuk menjadi seorang ibu rumah tangga supaya dapat lebih fokus dalam mengurus anak dan juga keluarga juga tak ada salahnya. Lalu bagaimana bila anda merasa bosan jadi pegawai? Mulailah berpikir untuk memanfaatkan pasangan Anda dan membuka usaha sendiri.

Tak masalah apapun yang diambil pada akhirnya. Yang pasti jangan sampai mengambil keputusan dalam keadaan galau atau emosi. Pertimbangkan dengan matang supaya tak terjadi penyesalan di esok hari.

Bangkitkan semangat dan optimisme

Hal yang harus dilakukan saat dapatkan uang pesangon yang kedua yaitu dengan membangkitkan semangat dan optimisme. Baju manusia wajar jika merasa kecewa atau sedih. Namun akan menjadi hal yang salah jika Anda terlalu terpuruk dan berlarut-larut dalam masalah.

Jangan kemudian pasrah dan menyerah dengan keadaan. Selama Anda masih dianugerahi kesehatan, bangkitkan lagi semangat dan optimisme Anda.

Lakukanlah beberapa hal yang dapat membantu perasaan kecewa Anda perlahan dapat terobati. Anda dapat mencoba menikmati liburan pendek ke luar kota yang jaraknya tak terlalu jauh, hitung-hitung refreshing menghibur hati sambil mencari inspirasi. Atau Anda dapat pula menghabiskan lebih banyak waktu bersama dengan keluarga Anda.

Anda dapat melakukan kegiatan dalam bentuk apapun yang penting tetap menyenangkan, positif, dan tentunya hemat. Ingatlah, Anda harus berhemat terlebih dahulu hingga ada sumber pemasukan yang baru.

Buatlah usaha sampingan

Hal yang harus dilakukan saat dapatkan uang pesangon yang ketiga yaitu dengan membuat usaha sampingan. Setiap orang tentunya ingin memiliki bisnis sendiri dan tak perlu lagi bekerja untuk orang lain. Namun bagaimana jika ada keraguan karena Anda masih merasa belum percaya diri?

Jika memang demikian maka sebaiknya Anda jangan memaksakannya. Sebaiknya Anda mencoba untuk mencari pekerjaan yang baru yang memiliki beban kerja tak terlalu berat. Dengan begitu, mungkin Anda dapat memiliki waktu lebih untuk sekaligus merintis usaha sendiri. Andai jadi memiliki 2 sumber pemasukan, usaha sampingan dan juga kerja kantoran. Anda dapat memanfaatkan uang pesangon sebagai modal usaha anda.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan saat dapatkan uang pesangon.

Leave A Reply

Your email address will not be published.