Berita Nasional Terpercaya

Festival Layang-Layang 2017 Akan DIgelar Akhir Pekan Ini di Yogyakarta

0

HarianBernas.com – Festival layang-layang nasional yang kelima akan digelar akhir pekan ini. Event yang digelar oleh Perkumpulan Pekarya Layang-layang Indonesia (PERKALIN) ini rencananya akan digelar tanggal 8-9 Juli 2017 di Pantai Parangkusumo Bantul.

Menurut ketua Umum PERKALIN, Harry Cahya, festival ini rencananya diikuti 45 klub pekarya dan pelayang dari seluruh Indonesia. Tak hanya itu, juga akan ada dua peserta eksebisi internasional, yakni Nitesh Lakum/Dreamz Kite Club dari India, dan Tuk Mid/Norman Kite Club dari Malaysia.

“Festival ini adalah festival layang-layang tingkah nasional kelima yang diselenggarakan PERKALIN. Kali ini ada 5 kategori yang kami lombakan, yakni kategori layangan tradisional, layangan 2 dimensi, layangan 3 dimensi, layangan tren naga, dan rokaku challenge,” ungkap Harry kepada wartawan saat ditemui di kompleks Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta pada Kamis (6/7) siang.

Dalam lomba tersebut, juga disediakan trophy dan uang pembinaan untuk pemenang juara 1-3 dan juara harapan 1 dan 2. Club peraih nilai tertinggi akan ditetapkan sebagai juara umum dan berhak membawa pulang Piala Raja dari Sri Sultan HB X. Piala ini merupakan piala bergilir lambang supremasi pencapaian kreatifitas pekarya laying-layang nasional

Secara khusus, akan dilombakan juga layang-layang bertema burung garuda.

?Spesial eksebisi untuk layang-layang bernuansa garuda ini dimaksudkan simbol komitmen untuk terus menumbuhkan rasa kebangsaan dan meneguhkan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa, dengan semangat BhinnekaTunggal Ika,? jelas Harry.

Perkalin dalam festival selalu memberikan edukasi untuk anak-anak. Tak terkecuali festival kali ini, akan diadakan workshop yang diperuntukkan bagi anak-anak, dari tingkat Paud hingga SD. Materi workshop antara lain adalah tentang apa itu laying-layang, bagaimana cara membuat dan menerbangkan layang-layang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.