Berita Nasional Terpercaya

Akrab dengan Aplikasi Game “Unyil The Adventure”? Kuli Panggul Tak Lulus SD Inilah Penciptanya, Ratusan Dollar Berhasil Ia Raup Dari Google

0

MAKASSAR, HarianBernas.com— Kesuksesan datang karena adanya kerja keras dan kesabaran. Hal itulah yang sudah dibuktikan oleh seorang kuli panggul di daerah Makassar bernama Henry Jufry. Pria yang hanya mengecap pendidikan hingga kelas 4 SD ini menjadi viral di dunia maya karena kesuksesannya mendapatkan penghasilan tak kurang dari $1200 dari perusahaan raksasa, Google.

 

Dengan berbekal ijazah SD yang bahkan tak genap sampai kelas 6 tentu akan sulit bagi ayah dua anak ini mencari pekerjaan yang layak. Akhirnya pekerjaan kuli panggul ia jalani untuk menyambung hidup. Tiap harinya, bahkan saat ini, jika rekan-rekan ke pelabuhan Makassar, mungkin akan bertemu dengan sosok yang hangat menjadi buah bibir ini.

 

Namun, dalam sela-sela waktu menjadi kuli panggul, Henry juga mendalami seluk beluk pembuatan aplikasi digital khsusnya aplikasi android. Berawal dari menemukan informasi tentang potensi mendapatkan penghasilan dengan mendapatkan penghasilan dengan membuat aplikasi mobile, akhirnya ia menekuni dan belajar membuat aplikasi.

Bersama salah satu komunitas developer aplikasi yang ada di Makasar, sedikit demi sedikit ia mulai memahami dan mempraktekkan ilmu coding aplikasi mulai dari nol secara otodidak. Berurusan dengan dunia digital, Henry tentu membutuhkan alat perang digital juga. Ia mengisahkan kala itu ia membeli sebuah laptop bekas dengan harga Rp 800 ribu. Namun karena masih minimnya pengetahuan, ia baru sadar bahwa laptop bekas tersebut hanya dilengkapi dengan memori RAM sebesar 1 GB, sedangkan untuk bisa membuat aplikasi android ia membutuhkan perangkat dengan spesifikasi RAM minimal 2 GB

Jadilah ia meminjam pada keluarganya sebesar Rp 2,7 juta untuk mendapatkan laptop yang ia butuhkan. Setelah perangkat didapat, lantas ia semangat dan mulai menciptakan aplikasi umum yang mayoritas bertema pendidikan.

 Apa saja aplikasi yang ia buat ?

Beberapa aplikasi android yang berhasil dibuat oleh Henry Jufri diantaranya yakni aplikasi game Unyil the Adventure, Ninja Konoha Run, King Arthur, dan masih banyak aplikasi lain termasuk aplikasi belajar huruf dan angka untuk balita. Keren bukan ?

Dalam perjalanannya, ia sempat menyerah, bahkan bertanya pada diri sendiri “apakah ia mampu berhasil?” namun melihat apa yang sudah ia korbankan, ia merasa sudah tidak ada jalan lain selain meneruskannya.

Perlahan, hasil dari usahanya pun mulai nampak. Ia mulai mendapatkan penghasilan dari Google sebagai kompensasi profit sharing aplikasi miliknya yang semakin banyak diunduh via Google Playstore. Ia yang mulai mengembangkan aplikasi sejak bulan Oktober 2014 tersebut, secara bertahap mendapatkan penghasilan mulai dari $100 per bulan hingga akhirnya dapat mengantongi US$ 1.200 beberapa waktu yang lalu.

 Nah melihat kisah di atas, muncul pertanyaan “apakah harus berada di serba kekurangan dulu baru mau berjuang ?”

Dengan segala apa yang dimiliki saat ini, fasilitas, tenaga, waktu, pikiran, seharusnya kita bisa mencapai sukses jauh lebih mudah dibandingkan seorang kuli panggul yang bekerja keras dan menyisihkan waktunya 4-5 jam sehari untuk mengejar mimpinya. Be Inspired!       

           

Leave A Reply

Your email address will not be published.