Berita Nasional Terpercaya

India Luncurkan Kereta Api Bertenaga Surya

0

HarianBernas.com ? Kereta api berbahan bakar diesel sudah menjadi pengetahuan umum. Kereta yang menggunakan sumber tenaga listrik pun sudah menjadi pemandangan biasa. Namun pernah anda melihat kereta yang sumber tenaganya berasal dari sinar matahari? Di India, kereta tersebut benar-benar ada.

Sepintas kereta bertenaga surya ini terlihat tidak ada bedanya dengan kereta biasa. Namun jika kita melihat bagian atap kereta, kita bakal melihat adanya 16 panel surya yang berfungsi sebagai sumber tenaga kereta penumpang ini.

Menurut The Economic Times, kereta ini merupakan kereta pertama di dunia yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaganya. Sebagai antisipasi, kereta ini juga dilengkapi dengan baterai raksasa dengan durasi 72 jam sebagai sumber energi cadangan.

Kereta bertenaga surya ini baru melayani rute perjalanan antara Delhi serta Haryana. Namun dalam kurun waktu beberapa hari ke depan, pemerintah India berencana menambah jumlah gerbong kereta bertenaga surya hingga sebanyak 50 buah.

Diperkenalkannya kereta bertenaga surya ini merupakan bagian dari proyek jangka panjang India untuk beralih ke sumber daya yang terbarukan. Tahun lalu, Menteri Perkeretaapian Suresh Prabhu mengumumkan kalau jalur rel bakal memproduksi tenaga surya sebesar 1.000 MW dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Ravinder Gupta selaku kepala organisasi perkeretaapian India menambahkan kalau penggunaan kereta bertenaga surya juga bakal membawa dampak positif dari segi ekonomi dan lingkungan. Ia memperkirakan bahwa dalam kurun waktu 25 tahun ke depan, kereta bertenaga surya bisa membantu mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 1.350 ton.

Leave A Reply

Your email address will not be published.