Berita Nasional Terpercaya

Berkebun di Lahan Sempit? Siapa Takut, Ini 5 Tipsnya

0

HarianBernas.com – Anda suka bercocok tanam namun tidak memiliki lahan yang luas? Tidak perlu khawatir. Sekarang sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk bercocok tanam di lahan sempit. Dengan mengoptimalkan lahan yang ada, meskipun sempit Anda sudah bisa menanam berbagai jenis tanaman. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tanaman untuk lahan sempit. Salah satunya adalah dengan memilih tanaman yang kerdil. Jika Anda memiliki lahan yang tidak begitu luas, maka jangan menanam pohon dengan batang yang tinggi misalnya saja buah pisang. Pasalnya tanaman dengan batang yang tinggi dan besar akan membuat lahan kebun Anda semakin terlihat sempit. Pilihlah tanaman kerdil seperti tanaman hias atau sayur-sayuran.

Selain pemilihan tanaman, metode penanaman juga perlu diperhatikan. Berikut ini akan diulas mengenai metode yang bisa diterapkan untuk bercocok tanam di lahan sempit.

1. Metode Vertikultur

Metode vertikultur, atau berkebun secara vertikal, memanfaatkan bidang vertikal untuk tempat penanaman. Caranya dengan menggantungkan tanaman secara vertikal. Bila Anda memiliki barang-barang bekas yang tidak terpakai seperti rak sepatu, jangan buru-buru membuangnya.

Manfaatkan rak sepatu tersebut untuk membuat kebun vertikal. Caranya sangat mudah, Anda cukup memberinya gantungan yang lebih kuat dan memberi lubang di bagian bawahnya untuk tempat pembuangan.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengisi tempat sepatu dengan tanah yang gembur. Dan bibitpun siap ditanam. Cara ini cukup efektif dilakukan untuk Anda yang memiliki lahan sempit.

2. Menanam Menggunakan Polybag

Polybag sangat mudah dijumpai dan terdapat beberapa varian ukuran, harganya pun sangat terjangkau. Menanam menggunakan polybag akan memudahkan Anda dalam menata letak tanaman.

Cara ini juga terbilang mudah, cukup siapkan tanah dan kompos, lalu masukkan ke dalam polybag. Sayuran yang cocok ditanam menggunakan polybag adalah kentang, sawi, daun bawang, dan lain sebagainya.

3. Metode Hidroponik

Selain menanam menggunakan polybag, Anda juga bisa mencoba menanam dengan metode Hidroponik. Merode ini sedang populer sekarang dan caranya sangat mudah karena Anda tidak membutuhkan tanah untuk media tanam.

Anda hanya membutuhkan air sebagai media tanam. Namun, Anda perlu memperhatikan nutrisi air bila menggunakan metode ini, karena tanaman hanya akan mendapatkan nutrisi dari air.

Dilansir dari belajarberkebun.com, cara menanam sayur dengan teknik hidroponik sangat cocok untuk sayuran berdaun hijau seperti selada, sawi, dan bayam. Bahkan cara ini juga bisa digunakan untuk menanam sayuran berbuah seperti mentimun dan tomat.

4. Metode Tambulampot

Cara bercocok tanam selanjutnya adalah dengan menggunakan metode tabulampot. Tambulampot adalah singkatan dari tanam buah dalam pot. Metode ini sudah banyak dilakukan di rumah-rumah di perkotaan yang memiliki halaman sempit, karena sudah banyak tersedia bibit buah khusus untuk ditanam di dalam pot.

Sama halnya dengan menanam biasa, metode ini memanfaatkan media tanam berupa tanah dengan kombinasi kompos serta sekam, dengan perbandingan satu banding satu untuk setiap elemen. Alat yang dibutuhkan untuk metode ini juga sangat mudah didapatkan, diantaranya adalah plastik, tanah, kayu, pot dan lain-lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.