Berita Nasional Terpercaya

Agar Hasilnya Semakin Optimal, Negara Bagian di India Didesak Bangun Perusahaan Asuransi Tanaman Sendiri

0

HarianBernas.com ? Pemerintah Negara Bagian India mendapatkan perintah dari Pemerintah Pusat India untuk membangun perusahaan asuransi sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan skema asuransi tanaman agar bisa menjadi lebih baik lagi. Sekarang ini, skema asuransi tanaman yang sedang digarap bernama Pradhan Mantri Fasal Bima Yojna (PMFBY).

Skema asuransi pertanian ini sudah diluncurkan pada tahun 2016 lalu. Namun, masih ada persoalan untuk mengimplementasikannya. Ada beberapa negara bagian yang terbebani dengan premi yang dinilai cukup banyak.

?Jadi kami meminta mereka untuk membentuk perusahaan mereka sendiri. Bentuklah perusahaan dan biarlah ada persaingan,? kata Radha Mohan Singh, Menteri Pertanian India.

PMFBY sendiri bertujuan untuk memperluas cakupan asuransi pertanian. Para petani akan membayar 2% dari premi untuk tanaman musiman, 1,5% untuk tanaman musim dingin, dan yang terakhir 5% untuk tanaman komersial. Sudah ada sejumlah asuransi swasta dan pemerintah yang menawarkan PMFBY ini.

Pada tahun buku yang berakhir pada Maret 2017 lalu, pemerintah pusat harus meningkatkan subsidi agar PMFBY bisa diterapkan. Awalnya subsidi yang diberikan adalah INR55 miliar. Namun mulai Maret 2017 lalu, subsidi yang diberikan meningkat menjadi INR132.4 miliar.

Asuransi tanaman menjadi asuransi terbesar setelah asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan bermotor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.