Berita Nasional Terpercaya

Ingin 200juta? Coba Artikan Satu Huruf Ramalan Dinasti Shang Ini

0

HarianBernas.com – Lebih kurang 3.000 tahun yang lalu, terdapat peramal yang berasal dari dinasti Shang di Tiongkok yang menuliskan prediksinya tentang masa depan pada tempurung kura-kura ataupun tulang bahu sapi. Ramalan itu memiliki berbagai hal, dari pajak sampai cuaca.

Namun sayangnya ramalan itu telah ditulis memakai berbagai huruf tua Tiongkok yang sudah tak dikenal lagi di masa kini. Selama 1 abad terakhir para peneliti hanya dapat mengartikan 2000 dari 5000 karakter yang telah ditulis pada tulang-tulang tersebut.

Untuk dapat mencari jawaban tersebut, National Museum of Chinese Writing yang terdapat di Anyang, Henan pada akhirnya memilih untuk mengambil tindakan yang unik. Mereka membuat semacam sayembara untuk siapapun yang bisa mengartikan 1 huruf pada ramalan tersebut akan memperoleh hadiah sebesar 100000 Yuan atau senilai 200 juta rupiah.

Bukan mengartikan secara sembarangan, dikutip dari South China Morning, untuk setiap huruf yang bisa diartikan dengan benar dan pastinya dengan bukti yang cukup maka museum tersebut akan memberikan sejumlah uang sebagai hadiah.

Pihak museum menyebutkan jika sebagian besar karakter yang terdapat dalam tulang ramalan merujuk pada nama tempat maupun orang. Liu Fenghua seorang pakar tulang ramalan yang berasal dari Zhengzhou University mengatakan jika mereka kesulitan untuk menemukan pakar tulang ramalan. Dengan adanya sayembara ini diharapkan dapat membangkitkan lagi keingintahuan para peneliti tentang ulang ramalan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.