Berita Nasional Terpercaya

Riwayat Kelahiran Nabi Khongcu

0

HarianBernas.com – Jaman Chun Chiu, tatkala raja Ciu Ling Ong memerintah 20 tahun. Waktu itu tersebutlah di Negeri Lo, seorang perwira yang tinggi besar, kuat serta gagah perkasa, bernama Khong Siok-Liang Hut. Lebih dari pada itu, beliau merupakan seorang yang sederhana, jujur, dan satya. Beliau satya kepada Thian berbakti kepada leluhur dan tenggang rasa kepada sesamanya.

Ketika itu, beliau sudah berputri 9 orang dan berputra seorang, tapi sayang anak laki-laki yang hanya seorang itu semenjak kecil telah cacat kakinya sehingga dipandang tak dapat melanjutkan kurun keluarganya. Hal ini amat mendukakan hati Beliau yang tak ingin melihat patah penghormatan kepada leluhurnya.

Ikut merasakan suasana batin yang sedang berduka itu, istri beliau, Ibu Gan Tien Cai, sering mengikuti suaminya naik ke gunung Ni Khiu, melakukan puja dan do?a kepada Thian, Tuhan Yang Maha Esa agar dapatlah beroleh seorang putera yang baik serta mulia.

Suatu malam Ibu Gan Tien Cai beroleh penglihatan: datanglah malaikat Bintang Utara serta berkata kepadanya, ?Terimalah karunia Thian, seorang putera Agung dan Suci.?

Kiranya benarlah, sejak itu Ibu Gan Tien Cai telah mulai mengandung.

Beberapa waktu kemudian Ibu Gan Tien Cai beroleh pandangan lain: Datanglah kepadanya Sang Kilien; dari mulutnya menyemburkan keluar sebuah Kitab dari batu kumala yang bertuliskan: Putera Sari Air Suci akan menggantikan dinasti Ciu yang sudah lemah dan akan menjadi Raja Tanpa Mahkota.

Setelah genap bulannya Ibu Tien Cai mengandung, orang telah nampak tanda-tanda yang menakjubkan:

  • Dua ekor naga mengitari atap rumah (Ji Liong Jiau siet)
  • Lima Malaikat Tua turun ke serambi rumah atau Lima Sari Bintang menyoroti (Ngo Loo Kang Ting atau Ngo Sing Ci Cing)
  • Di angkasa terdengar suara musik yang merdu (Tiau Thian Ci Gak)
  • Terdengar suara: ?Thian sudah berkenan menurunkan seorang putera yang Nabi.? (Thian Kang Sing Cu)
  • Langit jernih, bumi damai tenteram (Thian Ching Tee Cing)
  • Angin sepoi-sepoi, matahari bersinar hangat (Hong Hoo Jiet Lwan)

Pada bentuk tubuh Sang Bayi tampak pula tanda tanda yang luar biasa. Oleh orangtuanya, sang Bayi diberi nama Khiu (Bukit) alias Tiong Ni (Putera kedua dari Bukit Ni). Demikianlah telah lahir Nabi Khongcu di Negeri Lo, di sebuah rumah di desa Chiang Ping, kota Coo Iep, pada tanggal 27 bulan VIII Imlik, yaitu tatkala Raja Ciu Ling Ong memerintah 21 tahun, 551 SM.

Maha Besarlah Tuhan. Puji dan syukur kepadaNya.

Sumber: Dikutip dari buku Tata Agama Khonghucu

Oleh: Lifie Rohyana

Sekretaris Matakin DIY

Leave A Reply

Your email address will not be published.