Berita Nasional Terpercaya

50 Juta Orang Indonesia Belanja Online, Begini Penjelasan Kepala Bappenas

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro menyebutkan sekitar seperlima penduduk Indonesia sudah terbiasa berbelanja online. 

Menurutnya, pola belanja masyarakat Indonesia mulai bergeser. Banyak orang tidak lagi pergi berbelanja ke toko-toko. Kini, mereka lebih memilih membeli barang lewat online.

“Pengguna internet atau digital ekonomi di Indonesia yang sudah terbiasa belanja online 50 juta orang, jadi seperlima penduduk Indonesia sudah terpapar atau terekspos melakukan belanja online,” ungkap Bambang di Gedung BI, Jakarta, Rabu (9/8/17).

Mantan Menteri Keuangan itu menerangkan sekarang orang bisa berbelanja berbagai macam barang di toko online. Hal itu sudah menjadi kebiasaan. Sudah banyak sekali transaksi online untuk membeli baju, elektronik, tiket, dan sebagainya.

“50 juta tentu besar, kita tidak bicara satu transaksi selesai, ada yang menjadi kebiasaan misalnya pesan taksi pakai uber, pesan makanan pakai Gojek, plus belanja online yang lain. Ada saudara saya yang saya tahu bahkan beli baju tidak pernah ke mal,” terangnya.

Baca Juga Tips Agar Tidak Boros Saat Berbelanja

Tak bisa dipungkiri, efisiensi waktu, biaya dan tanaga pun membuat orang beralih ke ekonomi digital. Daripadai keluar dan macet, lebih baik cukup duduk di rumah dan belanja online.

“Untuk orang Jakarta, siapa yang rela macet-macetan di Jakarta kalau itu bukan untuk kerja? Ya mendingan, kalau bentuk badannya normal tidak seperti saya ya beli bajunya melalui online saja karena ukurannya sudah standar,? tutur Bambang.

Berbagai macam kemudahan belanja online bahkan merambah ke urusan makan. Masyarakat bisa memesan makanan karena ada jasa Go Food. Tinggal menunggu, makanan sudah diantarkan. Perubahan ini terjadi di mana-mana. Di Amerika Serikat (AS) bahkan gerai-gerai hypermart banyak yang tutup gara-gara orang lebih suka berbelanja via online.

?Pola sudah berubah, semakin macet sebuah kota seperti Jakarta, Bandung, maka orang semakin malas,” imbuhnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.