Berita Nasional Terpercaya

Ramayana Ballet Purawisata Akomodir Wisatawan Setiap Hari

0

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – Pertunjukan sendratari Ramayana yang disajikan grup Ramayana Ballet Purawisata (RBP) berhasil menarik perhatian ratusan wisatawan domestik dan mancanegara.

Sajian spektakuler dan berbeda yang dipentaskan dalam perayaan kali ini, menjadi puncak perayaan ulang tahun yang ke 41 tahun.

“Selama periode 1976 hingga 2017 ini, Sendratari Ramayana ini tidak pernah berhenti sehari pun,” kata Dr. dr. Ulla Nucharawaty, MM, Direktur Utama Mandira Baruga kepada para pengunjung di depan Amphitheater Mandira Baruga, Yogyakarta pada Kamis (10/8).

Ia mengatakan, awal pembentukan sendratari Ramayana RBP itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan mendapatkan hiburan kebudayaan yang menarik di Yogyakarta.

Saat itu, kata dia, sudah ada sendratari Ramayana yang digelar di Candi Prambanan, namun pertunjukan itu hanya dilakukan setiap dua minggu sekali.

Jadi, katanya, bagi wisatawan yang tepat hadir saat jadwal pertunjukan itu, bisa menikmatinya, namun bagi yang tidak sesuai jadwal, maka mereka tidak bisa menikmatinya. 

“Karena itu, kami ingin juga menjangkau mereka dengan mengadakan pertunjukan sendratari Ramayana setiap malam, agar semua wisatawan bisa menikmati pertunjukan sendra tari Ramayana ini,” paparnya.

Sebelumnya berbagai rangkaian acara seperti pameran dan lokakarya telah digelar untuk menyambutan puncak acara tersebut. Sanggar seni dan kerajinan di Yogyakarta pun ikut mendukung kegiatan tersebut seperti Batik Indah Raradjanggrang, Boneka Kaos Kaki oleh NaybGadabra, Pembuatan Dolanan Anak oleh Kampung Dolanan Pandes, show Komunitas Seruling Bambu dan banyak lagi.

Pelaku-pelaku seni dan pariwisata juga digandeng dalam perayaan kali ini untuk membangun sinergi yang baik dalam memajukan perkembangan seni, budaya dan pariwisata di Yogyakarta.

Pada kesempatan itu pula, Mandiri Baruga yang merupakan re-branding Purawisata berusaha memperkenalkan Ayola Tasneem Convention Hotel, salah satu unit bisnis dari Mandiri Baruga.

Diharapkan dengan hadirnya hotel yang terletak tersebut di satu lokasi dengan pementasan Sendratari Ramayana mampu mengakodimkir kebutuhan akomodasi wartawan baik lokal maupun interlokal sehingga budaya Sendratari Ramayana yang telah disajikan sejak 1976 dan telah meraih penghargaan MURI akan tetap lestari dan memajukan pariwisata kota Yogya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.