Berita Nasional Terpercaya

Ingin Baut Awet, Lakukan 4 Hal Ini Ketika Ganti Oli

0

Bernas.id – Mengganti oli sudah menjadi rutinitas bagi pemilik sepeda motor. Hal itu sepertinya memang gampang dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan terkait dengan cara dan efeknya bila tidak dilakukan dengan benar.

Baca Antisipasi Baut pada Motor Baru yang Cepat ?Dol?

Mekanik bengkel sepeda motor Honda di Jl Radin Inten-RS Soekanto, Jakarta, yakni Sulaiman, menuturkan banyak orang yang salah kaprah, yang ternyata justru membawa efek buruk untuk sepeda motor.

Baca Unik, Avionik Keluarkan Motor Listrik yang Terbuat dari Kayu

Berikut ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti oli sepeda motor:

1. Pertama, dengan tidak menyemprot lubang oli mesin dengan udara bertekanan tinggi. Hal ini sering dilakukan banyak bengkel dengan tujuan supaya pelumas di dalam mesin cepat keluar. Faktanya hal ini salah kaprah.

?Kalau disemprot kencang, kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin. Memang yang akan menetes lebih banyak, tapi lebih dianjurkan agar didiamkan saja sampai habis,? kata Sulaiman, (26/8/2016).

2. Mengganti ring oli setiap membuka pembuangan oli. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kebocoran pada pada saat pemasangan kembali baut oli.

3. Jangan membuka baut pembuangan oli pada saat mesin masih dalam kondisi panas. Ketika mesin masih panas atau baru saja berhenti, baut yang terdiri dari komponen besi masih dalam keadaan memuai. Apabila dipaksa untuk dibuka, ulir baut akan cepat rusak.

4. Setelah benar cara mengganti olinya, saran yang lain adalah membersihkan filter oli setiap 12.000 km untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.