Berita Nasional Terpercaya

Quote Ala Warren Buffett Ini Dinilai Menginspirasi

0

HarianBernas.com – Sudah sejak bertahun-tahun yang lalu, banyak orang yang mendapat saran dari Warren Buffett, sosok seorang investor ikonik dan miliarder. Warren Buffett merupakan sosok investor tersukses di dunia. Ia memiliki kecenderungannya untuk melakukan promosi dengan menggunakan dana indeks.

Nilai saham di Berkshire Hathaway, sebagian besar dipegang oleh pria kelahiran Amerika Serikat ini. Pada tahun 2015 lalu, Warren Buffet berhasil menduduki posisi ketiga dalam kategori orang terkaya di dunia versi Forbes. Tidak hanya itu, lima tahun yang lalu majalah Time memasukkan Warren Buffett sebagai salah seorang yang berpengaruh di dunia.

Baca juga: 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Walaupun Warren Buffett memiliki kekayaan yang besar, gaya hidupnya yang frugal membuatnya terkenal di mata banyak orang. Memiliki kekayaan yang besar, bukan berarti ia bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Warren Buffett didiagnosa terkena kanker prostat pada April 2012. Namun, dalam waktu yang singkat, ia bisa sembuh dari penyakitnya ini. Tidak hanya berkecimpung di bidang ekonomi, Warren Buffett juga terjun ke dunia politik di tahun 2016 silam.

Sejak awal, Warren Buffet sudah menunjukkan ketertarikannya di bidang ekonomi sehingga ia tertarik untuk membaca dan melakukan berbagai hal yang berbau ekonomi. Seperti yang dilansir dari Merketwatch, inilah quote dari Warren Buffett yang menginspirasi, yaitu:

1. Tujuan dari Para Investor Amatir

“Di abad ke-21 orang – orang akan menyaksikan kenaikan yang terus berlanjut yang diperkirakan akan menjadi kenaikan substansial. Tujuan yang non-profesional semestinya tidak memilih seorang pemenang, baik dirinya sendiri ataupun 'pembantu' bisa melakukan hal tersebut namun lebih senang mempunyai cross section dari bisnis secara agregat terikat untuk merralisasikannya dengan baik. Sisa indeks S&P 500 dengan biaya minim maka tujuan ini bisa tercapai.” Pernyataan ini disampaikan pada tahun 2013.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

 

2. Seberapa Pintar Uang Menjadi Tidak Bisa Berbicara

“Investor institusional yang dibilang besar akan dipandang sebagai kelompok yang memiliki kinerja yang buruk pada para investor dana indeks yang tidaklah canggih yang hanya akan bertahan sebentar atau beberapa dekade saja. Alasan utama dari keruntuhan itu adalah biaya. Tidak sedikit institusi yang membayar uang dalam jumlah besar pada suatu konsultan yang justru memberikan rekomendasi manajer dengan biaya yang tidak bisa dikatakan rendah. Ini adalah permainan orang bodoh.” Pernyataan ini disampaikan pada tahun 2014.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

 

3. Biaya yang Tinggi Mampu Menciptakan Tingkat Pengembalian yang Rendah

“Ketika triliunan dolar dikontrol oleh Wall Street yang menerapkan biaya yang tinggi, biasanya seorang manajer yang akan mendapatkan keuntungan yang besar. Perlu diketahui, bahwa yang mendapat keuntungan besar bukan klien. Baik investor besar maupun investor kecil harus tetap memanfaatkan dana indeks dengan biaya yang rendah.” Pernyataan ini disampaikan pada tahun 2016).

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia

 

4. Bagaimana Uang yang Bodoh Bisa Menjadi Pintar

“Dengan melakukan investasi secara berkala menggunakan dana indeks, seperti, investor yang tidak memahami berbagai hal sesungguhnya bisa mengungguli hampir semua profesional investasi. Paradoksnya, ketika uang yang 'bodoh' mau mengakui keterbatasannya maka ia akan berhenti menjadi hal yang bodoh.” Pernyataan ini disampaikan pada tahun 1993)

Baca juga: 7 Cara Main Saham Bagi Investor Pemula dengan Mudah

 

5. Ben Graham pada Konteks Pengindeksan

“Dana murah merupakan investasi ekuitas yang dinilai paling masuk akal untuk sebagian besar investor. Ben Graham, Mentor saya, menduduki posisi ini sejak bertahun-tahun yang lalu, dan berbagai hal yang sudah saya lihat, meyakinkan saya terkait kebenarannya.” Pernyataan ini disampaikan kepada John Bogle, dalam The Little Book of Common Sense Investing)

Leave A Reply

Your email address will not be published.