Berita Nasional Terpercaya

Bermimpi Jadi Freelance Writer? Inilah 5 Situs yang Bakal Meningkatkan Skill Kamu

0

HarianBernas.com – Di era serba teknologi seperti sekarang ini, telah banyak profesi baru yang tak terduga sebelumnya. Sebut saja freelance writer atau dikenal juga sebagai penulis lepas. Menjadi seorang freelancer tentunya memiliki berbagai kelebihan serta tantangannya yang tersendiri. Pastinya waktu kerja yang fleksibel serta tak perlu merasakan penatnya perjalanan dari dan ke kantor.

Eits, tak hanya memerlukan kenekatan dan bakat menulis saja untuk menjadi freelance writer yang andal. Di samping harus kreatif serta inovatif, skill yang kece di dalam menulis adalah kewajiban.

Baca juga: Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, Campuran, dan Ineratif

Inilah Tool yang bermanfaat yang wajib dimengerti oleh Freelance Writer

Seorang freelance writer memang wajib mempunyai modal seperti ilmu tentang SEO, mencari keyword, pencarian ide baru serta penerapannya dan masih banyak lagi yang membuat artikel kamu layak untuk dijual karena kualitasnya yang baik. 

Untuk kamu yang merupakan seorang blogger, freelance writer atau jurnalis maka inilah rahasianya menjadi penulis lepas yang keren. Dikutip dari Jalan Tikus, inilah 10 situs yang bermanfaat untuk menjadikan kamu semakin memiliki skill mumpuni. Hal itulah yang menjadikan artikel buatanmu berkualitas, informative, menarik, unik serta menghibur.

1. Hemmingway

Menulis itu bukan cuma sekedar memperlihatkan banyaknya kosakata yang dimiliki oleh penulis. Tugas utama kamu ialah menjadikan artikel yang dibuat dapat dibaca dengan nyaman dan pastinya dimengerti oleh pembaca.

Karena itulah Hemmingway akan bisa membantu kita memahami tugas tersebut. Hemmingway juga fokus dengan kalimat yang rumit atau kurang dapat dimengerti.

Baca juga: 4 Langkah Menemukan Ide Pokok Paragraf dengan Mudah

2. Ahrefs Site Explorer

Ahrefs merupakan tool marketing yang cuup populer untuk mendukung kamu dalam meneliti backlink, keyword serta lalu lintas organic. Ahrefs ini sendiri akan memperlihatkan laporan serta membandingkan kamu dengan konten pesaing yang ada di Google serta media sosial.

Data yang diperlihatkan akan sangat bermanfaat untuk penulis di dalam menghasilkan berbagai ide agar bisa menjadikan artikel di dalam mengembangkan blog atau berbagai situs baru. Kamu pun dapat mencoba selama 2 pekan secara gratis. Jika memang cocok maka tak ada salahnya untuk memilih paket berlangganan.

3. Coschedule Headline-analyze

Coschedule merupakan alatyang dipakai untuk menganalisa skor dari judul yang dibuat oleh kamu. Sedangkan Coschedule sendiri akan dapat membedakan banyak kata yang dianggap umum, kuat, jarang hingga emosional.

Selain Coschedule pun memperlihatkan jika judul kamu itu akan dapat dilihat pada mesin pencari Google. Pastinya  Coschedule pun semakin keren karena adanya beberapa tips yang menjadikan judul semakin hits.

4. Canva

Gambar yang disajikan dalam artikel pun memiliki faktor yang sangat penting. Canva dapat menjadikan gambar yang disajikan semakin menarik. Alat ini dapat menjadikan kamu memiliki gambar atau banner untuk infografik, artikel atau gambar agar dapat di-posting ke media sosial.

Kamu bisa menambah teks untuk gambar, selain itu dapat juga membuat gambar dengan menggunakan template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pastinya canva adalah editor online yang gampang serta powerful.

5. Copyscape

Plagiarisme atau copy paste merupakan masalah umum di dalam menulis. Situs Copyscape ini dapat membuat kamu dapat mengecek apakah artikel itu original atau tidak. Pastinya ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin bisa mem-posting dari blog.

Itulah 5 situs yang sangat berguna untuk kamu para 'kuli tinta' di dunia maya. Sangat penting untuk dapat memaksimalkan setiap tool  itu, jadi jika kamu pelajari secara serius maka kamu bisa merasakan kelebihannya.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Leave A Reply

Your email address will not be published.