Berita Nasional Terpercaya

Bangganya Jokowi, PT INKA dan PT DI Ekspor Hasil Industri ke Luar Negeri

0

JAKARTA, HarianBernas.com ? Presiden Joko Widodo mengaku bangga melihat perkembangan PT INKA dan PT Dirgantara Indonesia merambah pasar internasional. Artinya, industri di Tanah Air tengah bangkit.

Menurut Presiden Joko Widodo, hal ini bukan hanya urusan bisnis tetapi juga bentuk pengakuan bahwa kualitas produk industri Tanah Air makin diakui di pasar internasional.

“Dalam diplomasi ekonomi, mesin diplomasi kita juga terus bergerak menggarap pasar-pasar non-tradisional di Afrika, Timur Tengah, dan Asia,” ungkap Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo dalam pidatonya pada sidang tahunan MPR/DPR/DPD RI, Rabu (16/8/17). 

Ia memaparkan setahun ini, PT INKA berhasil mengekspor 150 gerbong kereta api ke Bangladesh. Sementara, PT Dirgantara Indonesia mampu mengekspor pesawat CN-235 ke Senegal dan Thailand. Kendati demikian, di dalam negeri masih ada banyak pekerjaan rumah utamanya dalam hal menciptakan pemerataan.

Baca Juga Mendunia! Terungkap Alasan Bangladesh Pesan Kereta di Madiun

Jokowi mengaku bahwa pemerintah tengah bekerja keras untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang di setiap lapisan masyarakat. Pemerintah telah melakukan berbagai cara, mulai dari peningkatan kedualatan pangan maupun meningkatkan daya saing industri.

“Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, di tengah gelombang globalisasi yang berubah cepat dan ekstrem, kemandirian bangsa Indonesia adalah pilar yang sangat penting guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan menegakkan keadilan sosial,” katanya.

Baca Juga Ketua MPR: Atas Nama Rakyat Indonesia Memuji Prestasi Jokowi-JK Bangun Interkonektivitas

Presiden menekankan pemerintah harus memperkuat kemandirian bangsa melalui inovasi teknologi dan pembangunan pembangkit listrik, energi terbarukan. Selain itu, pemerintah harus bekerja keras meningkatkan produksi bahan pangan strategis seperti daging, cabai, bawang merah, padi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.