Berita Nasional Terpercaya

Di Tengah Serbuan Telur Beracun, Rakyat di Belgia Timur Gelar Pesta Omelet Raksasa

0

HarianBernas.com ? Gelombang ketakutan terkait telur tengah menghantui masyarakat Eropa. Beredarnya telur yang terkontaminasi oleh racun pembasmi serangga jenis fipronil menjadi penyebab utamanya. Namun wabah ketakutan massal tersebut nampaknya tidak terlalu berpengaruh bagi masyarakat di Malmedy, Belgia timur.

Deutsche Welle memberitakan kalau penduduk kota tersebut tetap melaksanakan tradisi tahunan membuat omelet raksasa. Tradisi yang sudah berlangsung selama hampir setengah abad tersebut dikabarkan menggunakan telur sebanyak 10 ribu butir yang dimasak di dalam wajan raksasa berdiameter 4 meter.

Sebanyak ratusan orang yang sebagian di antaranya berkostum koki terlihat bersama-sama memegang tongkat raksasa untuk mengaduk adonan omelet tersebut. Acara ini diperkirakan bakal dihadiri oleh ribuan orang dari dalam dan luar Malmedy.

Benedicte Mathy selaku kepala lembaga yang menggelar acara khas Malmedy ini sendiri sebenarnya sadar akan pemberitaan mengenai fenomena telur beracun yang sedang menghinggapi Eropa.

Namun Mathy yakin kalau omelet yang dibuat pada acara ini aman untuk dikonsumsi. Alasan mengapa ia bisa bersikap demikian adalah karena pihaknya mengaku sudah melakukan pemeriksaan kepada telur-telur yang hendak dimasak. Sejauh ini semua telur yang hendak digunakan negatif terkontaminasi oleh fipronil.

Belgia menjadi satu dari sekian banyak negara Eropa yang dikabarkan ikut terkena imbas menyebarnya telur-telur yang terkontaminasi fipronil. Sebanyak tujuh peternakan unggas petelur di negara tersebut dikabarkan harus ditutup akibat positif mengandung fipronil. Fenomena ini juga menyebabkan jutaan butir telur di seantero Eropa harus ditarik dari pasaran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.