Berita Nasional Terpercaya

Pria Bersenjatakan Samurai Serang Penjaga Istana Kepresidenan Taiwan

0

Bernas.id ? Insiden berbahaya terjadi di depan Istana Presiden Taiwan. Seorang pria yang membawa bendera Tiongkok di dalam tasnya menyerang seorang polisi militer di tempat tersebut dengan memakai pedang samurai atau katana. Insiden tersebut terjadi pada hari Jumat (18/8/2017) waktu setempat.

Baca Menteri Ekonomi Taiwan Mundur Gara-Gara Insiden Mati Listrik

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun polisi yang menjadi korban serangan pria tersebut menderita luka di leher dan harus dilarikan ke rumah sakit. Pelaku penyerangan itu sendiri berhasil dilumpuhkan di tempat.

Menurut pengakuan pelaku yang diketahui bernama Lu tersebut, ia melakukan penyerangan untuk mengekspresikan padangan politiknya. Lu juga diketahui sempat mencoba menerobos masuk ke dalam gedung istana usai menyerang polisi militer.

Rekaman televisi setempat menunjukkan kalau Lu sempat digotong paksa oleh empat orang petugas sebelum kemudian dimasukkan ke dalam mobil polisi. Seusai peristiwa ini, daerah di depan Istana Presiden dan sekitarnya ditutup oleh petugas keamanan.

Penyerangan yang dilakukan oleh Lu diduga ada kaitannya dengan sikon politik terkini di Taiwan. Sekarang Taiwan dipimpin oleh Presiden Tsai Ing-wen yang menganut aliran skeptik atau tidak ingin buru-buru mengupayakan bersatunya Taiwan dengan Tiongkok.

Baca Walau Imut-Imut, Anak Anjing Ini Anggota Kepolisian Taiwan Lho

Pemerintah pusat Tiongkok selama ini mengakui Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Namun pandangan tersebut ditentang oleh Tsai yang menganggap Taiwan sebagai negara terpisah. Taiwan dan Tiongkok sendiri sudah menjadi negara dengan sistem pemerintahannya sendiri-sendiri sejak berakhirnya perang saudara di Tiongkok pada tahun 1950. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.