Berita Nasional Terpercaya

Agar Penjualan Onlinemu Meroket, Ketahui Dulu Karakter Pengguna dari Masing-masing Media Sosial

0

Bernas.id – Saat ini, sudah bukan hal yang baru lagi jika media sosial difungsikan sebagai media promosi atau tempat menjual produk. Media sosial mampu mempromosikan bisnis secara efisien tanpa dipungut biaya alias gratis. Itulah yang menjadikan kebanyakan orang lebih memilih untuk membuka usaha online dengan media sosial ketimbang berjualan offline.

Baca juga: 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Semakin tinggi penikmat media sosial untuk usaha akhirnya juga mendorong perusahaan-perusahaan media sosial untuk mengembangkan fiturnya, misalnya Facebook yang meluncurkan Facebook Market Place, platform jual-beli yang dapat diakses pengguna Facebook.

Selain pemasaran, media sosial juga banyak diperuntukkan untuk promosi. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar dengan menggunakan fitur Ads, seperti Twitter Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Jika kamu pengusaha yang ingin memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk menjajakan jualan, kamu harus mengetahui media sosial yang tepat, sebab setiap media sosial memiliki karakter pengguna yang berbeda-beda.

Berikut ini, beberapa media sosial dengan karakter penggunanya sehingga kamu bisa menentukan media sosial yang cocokk untuk usaha online, yaitu:

Facebook

Facebook merupakan jaringan sosial network terbesar, baik nama dan banyaknya pengguna sudah melampaui pemakaian media sosial lainnya. Dilansir dari Okezone.com, menurut laporan pada kuartal ketiga (Q3) di 2106, pengguna Facebook diketahui telah melebihi angka 1 miliar di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Data tersebut diambil berdasarkan data jumlah pengguna aktif secara harian pada September 2016. Pada periode yang sama, Facebook dilaporkan mempunyai pengguna aktif bulanan sebanyak 1,66 miliar di perangkat mobile dengan pengguna aktif bulanan sebanyak 1.79 miliar.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

Berdasarkan data-data itu, tidak heran pengusaha banyak yang memilih media sosial ini sebagai sarana pemasaran dan promosi mereka. Konten yang bisa diposting pada media sosial ini juga tidak terbatas. Selain teks, kita juga bisa share foto, video, update perusahaan, dan hal lainnya yang bisa meningkatkan penjualan produk.

Karakter Pengguna Facebook

Usia 18 – 29 tahun: 34%

Usia 30 – 49 tahun: 31%

Usia 55 – 64 tahun: 16%

> 65 tahun: 9%

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

Twitter

Media sosial Twitter tidak serupa dengan Facebook karena hanya bisa posting teks sebanyak 140 karakter. Selain teks, pengguna juga dapat upload konten lainnya seperti gambar, link, video, atau poling. Lebih menariknya, pengguna dapat menggunakan tanda tagar (#) atau yang biasa disebut dengan hastag untuk mengelompokan sebuah pesan atau status yang menggunakan kata kunci khusus. Contohnya, ketika hendak posting busana muslim, kamu dapat menggunakan tanda tagar diikuti dengan keyword khusus sesuai dengan produk yang mudah dicari oleh pengguna Twitter lainnya dengan keyword, contohnya #bajumuslim. Alhasil, pengguna lain akan lebih mudah mencari produk kamu dengan menuliskan hastag yang serupa, yaitu #bajumuslim pada kolom pencarian.

Yang harus diperhatikan jika menggunakan media sosial ini, jangan posting untuk hanya upload promosi produk Anda saja, tapi buatlah konten yang relevan dengan tren yang sedang diminati oleh pengguna twitter lainnya. Rentang usia pengguna Twitter:

Usia 18 – 29 tahun: 37 %

Usia 30 – 49 tahun: 25 %

Usia 50 – 64 tahun: 12 %

> 65 tahun : 10 %

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia

Instagram

Instagram merupakan media sosial yang lebih condong pada aspek visual seperti foto dan video. Walaupun jenis kontennya cenderung terbatas, penggunanya cukup banyak. Ada sekitar lebih dari 400 juta pengguna posting dengan berbagai macam konsep. Ada yang khusus memposting bertemakan kuliner dan traveling, fashion, kesenian, dan tak lupa tren masa kini seperti selfie. Karena media sosial ini mengkhususkan untuk konten berupa gambar maka di dalam Instagram pun tersedia fitur untuk mengedit foto dan video yang bisa diakses dengan mudah di perangkat mobile.

Pengguna media sosial ini sendiri memiliki pengguna yang lebih spesifik sehingga kamu juga harus menyesuaikan karakter pengguna dengan usaha yang ingin kamu jalankan. Rentang usia pengguna Instagram:

Usia 18 – 29 tahun: 53%

Usia 30 – 49 tahun: 25%

Usia 50 – 64 tahun: 11%

> 65 tahun : 6%

Kesimpulannya, apabila konsumen kamu, rata-rata dikelompok yang berumur 25-34 tahun maka Instagram menjadi salah satu media sosial yang tepat untuk usahamu. Namun, yang perlu diperhatikan, kamu harus memahami wawasan tentang fotografi supaya foto yang kamu posting menarik perhatian konsumen.

Baca juga: 7 Cara Main Saham Bagi Investor Pemula dengan Mudah

Tumblr

Tumblr merupakan salah satu platform yang bisa digunakan untuk keperluan berbisnis. Tumblr juga menarik bila diperuntukkan untuk promosi produk. Selain teks, kamu juga bisa posting gambar atau video yang berdurasi sedikit, chat quote, dan audio. Media sosial ini sama seperti twitter sebab pengguna bisa me-reblogging atau meng-share ulang teks atau video dari akun lain sehingga bila konten kamu menarik maka kontenmu itu akan cepat viral. Untuk penggunanya, medial sosial ini juga mempunyai karakter pengguna.

Rentang usia pengguna Tumblr:

Usia 18 – 24 tahun: 23%

Usia 25 – 34 tahun: 27%

Usia 35 – 44 tahun: 15%

Usia 45 – 54 tahun: 10%

Usia 55 – 64 tahun : 6%

> 65 tahun : 2%

Pada Tumblr, sebagian pengguna terdiri dari anak muda dengan rentang usia 18-24 tahun. Untuk itu, jika kamu memiliki usaha dengan target konsumen yang rentang usianya tak jauh dari itu, kamu bisa mengguakan Tumblr sebagai platform promosi usahu.

Baca juga: Mari Mengenal Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Youtube

Youtube, sebuah platform atau network untuk berbagi video. Pengguna bisa mencari dan upload video milik mereka ke situs tersebut. Lebih dari 1 miliar pengguna aktif berkunjung dan melakukan pencarian di Youtube. Setelah diakuisisi Goodle pada 2006 silam, mesin pencari Google menemukan bahwa Youtube selalu berada di posisi paling atas. Untuk itu, Youtube bisa menjadi salah satu media marketing yang sangat cocok untuk bisnis online. Konten berupa tutorial atau pengenalan produk menjadi kunci supaya brand kamu dapat lebih dikenal oleh konsumen apalagi disertai dengan konten yang menarik dan unik.

Rentang usia pengguna Youtube:

Usia 18 – 24 tahun: 11%

Usia 25 – 34 tahun: 23%

Usia 35 – 44 tahun: 26%

Usia 45 – 54 tahun: 16%

Usia 55 – 64 tahun: 8%

> 65 tahun :3%

Kesimpulannya, Youtube menjadi media sosial yang cocok untuk usaha online yang bisa digunakan. Sesuaikan karakter penggunanya dengan target pasar kamu sehingga penjualanmu pasti juga akan meningkat. Selamat mencoba!

Baca juga: Inilah Bedanya Karakteristik Obligasi dan Saham

Leave A Reply

Your email address will not be published.