Berita Nasional Terpercaya

Keuangan lebih Aman dengan menghapus Kebiasaan Boros Ini

0

Bernas.id – Gaya hidup yang konsumtif menjadi salah satu kebiasaan buruk yang mampu berdampak pada kondisi keuangan seseorang. gaya hidup yang konsumtif sering kali dilakukan oleh para generasi milenials yang baru memasuki dunia kerja. Biaya hidup yang tidak terlalu berat karena belum memiliki tanggungan menjadi salah satu hal yang menyebabkan mereka memiliki gaya hidup boros.

Namun perlu diketahui bahwa kebiasaan boros mempunyai dampak tersendiri yang cukup signfikikan bagi masa depan Anda nantinya. Terutama bagi Anda yang berencana melangsungkan pernikahan dan akan membeli rumah pada beberapa tahun ke depan. Dua hal ini tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Inilah kebiasaan boros sederhana yang perlu dihapus jika Anda ingin membuat kondisi keuangan berada dalam batas aman.

1. Langganan TV Kabel

Kebiasaan pertama yang membuat Anda menjadi boros adalah Anda berlangganan TV Kabel. Acara televisi yang tidak bervarias membuat banyak dari Anda yang akhirnya memutuskan untuk berlangganan TV Kabel di rumah. TV kabel akan memunginkan Anda untuk menonton berbagai macam siaran baik lokal maupun internasional. Sehingga, Anda tidak akan mengalami kebosanan.

Baca juga Inilah 5 Hal yang Harus Anda Pedulikan Agar Bahagia di Masa Tua

Realitanya Anda bisa melakukan hal lain selain berlangganan TV Kabel untuk membunuh rasa bosan. Salah satunya adalah dengan streaming. Cobalah untuk mencari tempat yang memiliki koneksi internet gratis, dan nonton berbagai macam siaran lewat internet.

2. Membeli Air Minum Kemasan

Kebiasaan kedua yang membuat Anda menjadi boros adalah membeli air mineral kemasan. Air mineral memang menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia setiap harinya. Walaupun demikian cara untuk memenuhi kebutuhan air mineral dengan membeli air mineral kemasan hanya akan menguras kantong jika dilakukan setiap hari.

Harga air mineral ukuran sedang sekarang ini berkisar antara Rp.4000 ? Rp.5000 per botolnya. Apabila dalam satu hari Anda membeli air mineral lima botol, maka dalam satu hari Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp.25.000 untuk air mineral. Jika dikalikan satu bulan, maka Anda sudah menghabiskan Rp.750.000 untuk air mineral saja.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat adalah memasak air sendiri ata membeli air mineral galon. Ketika bepergian, Anda bisa membawa botol minum sendiri.

3. Membeli Barang Bermerek

Kebiasaan ketiga yang membuat Anda menjadi boros adalah selalu membeli barang yang bermerk. Barang yang bermerk ternama memang mempunyai sebuah prestise tersendiri ketika Anda menggunakannya. Namun yang jadi permasalahan ialah harga dari barang yang bermerek tersebut jauh lebih mahal daripada barang – barang yang lainnya. Belum lagi banyak barang bermerek yang memiliki harga yang tidak masuk akal alias sangat mahal.

Dari pada uangnya habis untuk membeli barang bermerk, Anda bisa membeli barang lain yang harganya jaug lebih murah dengan memiliki kualitas yang sama dengan barang yang bermerek. Pastikan Anda berbelanja dengan bijak agar kondisi keuangan tetap aman.

4. Membeli Gadget Baru

Kebiasaan keempat yang membuat Anda menjadi boros adalah selalu membeli gadget baru. Berbagai spesifikasi canggih yang ditawarkan oleh gadget baru selalu berhasil membuat Anda tergoda untuk memilikinya. Spesifikasi yang terbarukan ditambah berbagai macam keunggulan yang dimiliki membuat Anda rela untuk merogoh kocek dalam agar bisa mendapatkan gadget terbaru.

Baca juga Penasaran Kenapa Banyak yang Cari Kerja di Jogja Meski UMR Kecil? Ini Dia 6 Alasannya

Jika gadget yang Anda miliki masih bisa digunakan dan masih bagus, sebaiknya jangan membeli gadget yang baru. Jika Anda memaksa tabunglah terlebih dahulu uangnya untuk membeli gadget baru beberapa waktu kedepan yang tentunya lebih canggih dari pada sekarang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.