Berita Nasional Terpercaya

Inilah yang Menyebabkan Belanja Jadi Mahal

0

Bernas.id – Dari hal yang sederhana seperti tingginya biaya ongkos kirim (ongkir), tidak tahu bahwa barang tersebut memiliki pajak, dan kurang memanfaatkan diskon serta voucher seringkali membuat pengeluaran belanja jadi membesar tanpa disadari.

Niat untuk berhemat bisa menjadi gagal ketika Anda mengetahui bahwa Anda salah dalam menerapkan strategi saat belanja. Sehingga, ada baiknya jika Anda mengetahui hal – hal yang mampu membuat uang belanja Anda habis begitu saja.

Baca juga Sebenarnya Tarif Internet Selular Indonesia itu Mahal atau Murah Sih? Ini Ulasannya

Perlu diingat, bahwa sepeser rupiah pun sangat berharga. Sayang sekali jika Anda membuang percuma uang yang nominalnya sedikit. Sebelum Anda menyesal, cobalah untuk lebih teliti saat Anda berbelanja baik secara online maupun konvensional. Inilah beberapa hal yang membuat belanja Anda terasa lebih mahal, seperti yang dikutip dari kabar terbaru.

1. Adanya pajak barang yang membuat barang menjadi mahal

Hal pertama yang membuat nominal belanja menjadi tinggi adalah adanya pajak barang. Beberapa pusat perbelanjaan biasanya mengenakan pajak barang kurang lebih 10%. Ada pula yang menerapkan lebih dari angka tersebut.

Pajak seringkali mampu membuat nominal belanja menjadi lebih tinggi, terutama ketika Anda belanja di luar negeri. Sebelum Anda belanja di luar negeri untuk dibawa kembali ke negara asal, cobalah untuk memperhatikan peraturan yang berkaitan dengan pajak. Misalnya saja, ada negara yang tidak menerapkan pajak untuk pembelian pakaian dengan harga di bawah US$100.

 

2. Tidak memeriksa biaya ongkir

Hal kedua yang membuat nominal belanja menjadi tinggi adalah Anda tidak memeriksa adanya ongkos kirim untuk pengiriman barang tersebut. Biasanya ongkos kirim atau yang juga dikenal dengan istilah ongkir diterapkan ketika Anda berbelanja secara online. Jika Anda tidak mau membuat nominal belanja menjadi tinggi, cobalah untuk memilih toko online yang letakkany tidak terlalu jauh dari kota tempat Anda tinggal. Akan lebih baik jika toko online yang dipilih berada dalam kota yang sama dengan tempat Anda tinggal.

Hal ini juga berlaku ketika Anda belanja secara konvensional. Misalnya di kota tetangga ada mall besar yang sedang mengadakan diskon besar ? besaran. Tidak jarang Anda tergoda untuk pergi ke mall tersebut tanpa memikirkan biaya transportasi yang ada.

Padahal, biaya transportasi juga menjadi salah satu hal yang membuat nominal belanja Anda menjadi lebih tinggi dari pada biasanya. Belum lagi jika Anda pulang terlalu malam dan memutuskan untuk menyewa kamar hotel di kota tersebut. Inilah yang membuat nomonal belanja Anda menjadi besar. Sehingga, adalah hal yang percuma jika Anda belanja diskon tapi berat di ongkos.

 

3. Tidak membandingkan harga online

Hal ketiga yang membuat nominal belanja menjadi tinggi adalah Anda tidak membandingkan harga barang offline dengan online. Sekarang ini, banyak situs toko online yang memberikan fasilitas tidak hanya menjadi tempat berbelanja, namun juga menjadi tempat untuk membandingkan harga dari sebuah produk yang akan dibeli. Karena, tidak sedikit barang yang tersedia di situs online yang mempunyai harga yang jauh lebih murah dibandingkan ketika Anda membelinya secara offline.

Setidaknya, ketika Anda ingin membeli barang secara offline alias langsung, pastikan untuk mengetahui patokan harga yang lebih murah. Ini akan membuat Anda tidak menyesal di kemudian hari. Selisih harga barang antara beli online dan offline juga cukup banyak.

Baca juga Alokasikan Dana Pasca Pernikahan Untuk 5 Hal Ini, Sebelum Anda Menyesal

Leave A Reply

Your email address will not be published.