Berita Nasional Terpercaya

22 Ribu Orang Ikuti Festival La Tomatina Spanyol, ?Perang? Makanan Terbesar di Dunia

0

Bernas.id ?  Pernahkah kamu mendengar Festival Tomatina? La Tomatina adalah nama sebuah festival yang penuh warna merah yang merupakan pertarungan makanan massif di Spanyol.

Festival ini sudah diadakan setiap tahun sejak tahun 1945. Tiap tahun, ribuan penonton berpesta saling melempar tomat matang satu sama lain selama sekitar satu jam.

Ribuan orang datang berduyun-duyun dari seluruh dunia untuk ambil bagian dalam “World's Biggest Food Fight” atau perang makanan terbesar di dunia itu.

Express.co.uk melansir, festival ini rutin digelar setiap Rabu terakhir di bulan Agustus, yang tahun ini jatuh pada tanggal 30 kemarin. Lebih dari 160 ton tomat matang yang didistribusikan dari truk dilemparkan para peserta saat pesta berlangsung,

Festival ini sejak 2012 lalu sudah diklasifikasikan oleh Pemerintah Madrid sebagai Obyek Wisata Internasional, dan para peserta harus membeli tiket untuk mengikutinya.

Tahun ini, lebih dari 22.000 peserta yang membayar tiket datang mengikuti keseruan La Tomatina.

La Tomatina secara tradisional dirayakan di kota Valencia, Bunol. Festival ini mengambil lokasi di sebuah jalan sempit di kota itu, yang berarti benar-benar tidak ada jalan keluar untuk menghindari lemparan tomat.

Penduduk yang tinggal di lokasi itu memasang lembaran plastik besar dan potongan papan raksasa, untuk menutupi balkon dan bagian depan tempat tinggal mereka supaya tidak rusak saat terjadi serangan tomat.

Kemeriahan ini dimulai pukul 11:00 waktu setempat, dengan ditandai oleh penembakan meriam air, saat mulai dan selesai.

Begitu banyak tomat yang dilemparkan sehingga seisi jalanan termasuk ribuan orang menjadi berwarna merah.

Baca juga Tomat Itu Sebenarnya Buah atau Sayur Ya? Ini Penjelasannya

Festival ini dimulai Rabu terakhir bulan Agustus 1945 saat beberapa orang muda menghabiskan waktu di alun-alun kota untuk menghadiri parade Giants and Big-Heads. Anak laki-laki memutuskan untuk bergabung di antara rombongan parade dengan tokoh musisi, Giants and Big-Heads.

Energi berlebih para pemuda ini membuat satu peserta terjatuh. Kemarahan muncul dan peserta mulai memukul segalanya di jalanan, termasuk kios pasar sayuran. Banyak orang pun menjadi orang marah, dan saling melempar dengan tomat sampai tentara setempat mengakhiri pertempuran sayuran itu.

Tahun berikutnya, orang-orang muda sengaja bertengkar dengan membawa tomat dari rumah masing-maing. Meskipun polisi membubarkan tradisi awal di tahun-tahun berikutnya, anak-anak muda telah membuat sejarah dengan terus merayakannya.

La Tomatina sempat dilarang di tahun 50an. Tapi banyak orang berani berpendapat bahwa itu untuk kesenangan bersama dan pesta itu akhirnya kembali diijinkan dengan lebih banyak peserta dan perasaan yang lebih hingar-bingar. Festival La Tomatina pun terus digelar hingga kini.

Berita terkait Di India, Petugas Bersenjata Dikerahkan untuk Menjaga Tomat

 

Simak saja video rekaman kemeriahan Festival La Tomatina 2017 di bawah ini:

Leave A Reply

Your email address will not be published.