Berita Nasional Terpercaya

Kini Promosi UKM Ditunjang Oleh Google Bisnisku

0

Bernas.id – Banyak cara yang dapat digunakan seorang pelaku usaha untuk mempromosikan bisnisnya, baik itu berbayar ataupun gratis. Namun promosi yang dilakukan dengan mengeluarkan biaya lebih besar biasanya akan lebih efektif. Maka pelaku usaha yang bergerak dalam skala kecil menengah layaknya UKM sering sulit ketika melakukan promosi produknya. Terlebih lagi jika ditambah minimnya pengetahuan dan teknologi informasi yang dimiliki pelaku usaha tersebut.

Hal ini lah yang menarik Google untuk memberikan solusi bagi pengusaha kecil menengah supaya bisa melakukan promosi online secara gratis melalui layanan yang mereka buat, yakni Google Bisnisku.

Layanan yang diluncurkan pada tahun 2016 ini bertujuan untuk mendorong UKM di Indonesia supaya melek terknologi. Sebab menurunya data yang dikumpulkan Google hanya 1 persen dari 55 juta UKM di Indonesia yang sudah menjalankan bisnis secara online. padahal diperlukan berbagai strategi untuk memperluas pasar salah satunya dengan mulai menjalar ke dunia online.

Google Bisnisku adalah layanan terintregasi dengan aplikasi mesin pencari Google, Google Maps, dan Goggle+. Sehingga setiap usaha yang sudah terdaftar di Google Bisnisku akan otomatis muncul di tiga aplikasi tersebut.

?Keuntungan UKM daftar Google Bisnisku?

Saat ini pengguna internet makin tinggi, hal itu tentu juga semakin memudahkan kamu untuk terhubung dengan banyak kosnumen. Nah, apabila kamu bergabung dengan Google Bisnisku, akan memudahkan konsumen atau pelanggan untuk mengetahui informasi seputar bisnis kamu secara online. Contohnya informasi mengenai dimana lokasi toko kamu, jam berapa toko buka, kontak yang dapat di hubungi serta petunjuk arah untuk menuju lokasi tokomu.

Sama halnya dengan fanpage, Google Bisnisku juga bisa menjadi platform untuk kamu dan konsumen berinteraksi dengan adanya kolom ulasan. Kolom tersebut akan terlihat apabila konsumen atau pelanggan mencari nama toko kamu di mesin pencari Googkle. Di bagian box sebelah kanan akan muncul informasi serta rating berdasarkan ulasan yang diberikan.

?Cara Mendaftarkan usaha di Google Bisnisku?

Cara mendaftarkan usaha dalam direktori Bisnisku juga tidak sulit. Hal ini dimaksudkan supaya pengusaha yang memiliki keterbatasan wawasan teknologi dapat dengan mudah melakukan pendaftaran. Kamu cukup mengunjungi laman Google Bisnisku, kemudian klik ?Tampil di Google? pada bagian atas sebelah kanan laman, setelah itu ikuti langkah-langkahnya dan isi informasi yang dibutuhkan.

Setelah mendapatkan balasan maka lakukan langkah berikut ini. Jika sudah selesai, kamu akan diminta untuk meverifikasi melalui kartu pos dengan proses sekitar 2-3 minggu saja. Ini berguna untuk meverifikasi keabsahan bisnis, mulai dari nama sampai lokasi bisnis yang terdaftar.

? Masuklah ke laman Google dengan menggunakan akun yang sama pada saat melakukan verifikasi sebelumnya melalui kartu pos.

? Jangan gunakan kode verifikasi lama, yang paling valid adalah verifikasi yang diminta terakhir. Meminta kode baru baik melalui kartu pos atau telepon akan membuat kode sebelumnya tidak valid.

Baca juga Anda Tidak Akan Pernah Kaya Jika Berpikir Seperti Ini

? Jangan memasukkan kode yang salah lebih dari 5 kali. Jika melakukannya, kamu akan menerima pesan yang menunjukkan bahwa verifikasi gagal dan Anda tidak dapat lagi memverifikasi bisnis. Kemudian Anda perlu menghapus page tersebut dari akun Google Bisnisku dan memulai prosesnya lagi, yaitu membuat page baru.

Menurut Google Indonesia, jika pelaku usaha terus berusaha untuk memperkenalkan usahanya lewat platform online, maka besar kemungkinan pelanggan akan lebih cepat mengingat bisnis tersebut. Karena, menurut data Association of Internet Service Providers (APJII) Indonesia pengguna internet sudah mencapai angka 40% dari jumlah populasi di Indonesia. Artinya lebih dari 100 miliar orang menggunakan internet dengan kegiatan yang berbeda-beda.

Presentase tadi juga akan terus beranjak naik dari tahun ketahun sehingga pelaku usaha juga harus menyesuaikan diri dengan fenomena itu untuk meningkatkan target konsumen. Nah, jadi tunggu apa lagi, langsung daftarkan dan verifikasi usaha kamu di Google Bisnisku.

Leave A Reply

Your email address will not be published.