Berita Nasional Terpercaya

Bus Produksi Semarang Tembus Pasar di Kepulauan Fiji Hingga Afrika

0

SEMARANG, Bernas.id ? Perusahaan karoseri Laksana asal Semarang, Jawa Tengah telah mengekspor hasil kreasinya ke wilayah Kepulauan Fiji. Perusahaan di Indonesia akan terus memperluas pasar eskpor bus ke negara-negara lain.

 Direktur Teknik Laksana Bus Stefan Arman mengakui  membuka pasar ekspor memang tidak sekadar membalikkan telapak tangan, ada hal lain yang perlu dipikirkan. Lakasana Bus harus menyesuaikan produk dengan regulasi di masing-masing negara, terlepas dari unsur kualitas yang jadi keniscayaan.

?Menyoal ekspor sendiri, kami sudah berhasil melakukannya ke Kepulauan Fiji, di mana sampai saat ini pengirimannya sudah sampai 200 unit lebih sejak 2009. Dua hari lalu saja, kami juga baru mengirimkan empat atau lima bus ke sana,? ungkap Stefan, Selasa (12/9/17).

Baca Juga Mendunia! Terungkap Alasan Bangladesh Pesan Kereta di Madiun

Ia mengakui memang target pasarnya belum besar tetapi regulasi masing-masing negara cukup ketat dan berbeda. Karenanya, jika ingin mengikuti aturan negara lain maka harus melakukan perubahan. Tak hanya diekspor ke Fiji, Laksana Bus juga telah memiliki konsumen di Bangladesh dan India. Pasar ekspor tersebut menjadi terbuka karena kerjasama dengan produsen bus seperti Scania dan Hino.

Sementara, Alvin Arman selaku Direktur Keuangan Laksana Bus menyampaikan pihaknya tengah berusaha menembus pasar Afrika. Namun, ia tak menyebutkan negara mana yang dituju.

Leave A Reply

Your email address will not be published.