Berita Nasional Terpercaya

Bagikan Sertifikat Tanah, Jokowi: Kalau Pinjam Uang ke Bank Dihitung Dulu

0

Bernas.id ? Presiden Joko Widodo telah menyerahkan 2.500 sertifikat tanah kepada warga di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (15/9/17). Kepada warga, Presiden berpesan agar berhati-hati saat menggunakan sertifikat tanah.

“Kalau mau pinjam uang ke bank tolong dihitung. Bisa mengangsur tidak setiap bulan? Kalau tidak, sertifikat bisa hilang,” ujar Jokowi sapaan akrab Joko Widodo di Gedung Sultan Suryansyah, Banjarmasin.

Sertifikat tanah yang dibagikan Jokowi itu bisa menjadi agunan untuk meminjam uang di bank. Namun, warga harus berhati-hati menghitung jumlah pinjaman dan angsuran yang dibayar setiap bulannya. Ia tak ingin warga meminjam uang dengan sertifikat tapi tak mampu membayar.

Baca Bagikan Sertifikat Tanah, Warga Langsung Serbu Jokowi Ajak Selfie

Presiden menegaskan, pemerintah berkomitmen menyelesaikan tugas menyertifikasi lahan di Indonesia. Khusus di Kalimantan Selatan, sedikitnya ada 770 ribu lahan yang harus disertifikasi. Tugas ini bukan perkara mudah, tetapi Jokowi ingin 140 ribu lahan di Kalsel tersertifikasi. Paling tidak adanya sertifikat tanah itu bisa menghindari sengketa lahan berkepanjangan, baik dengan individu, tetangga, perusahaan, bahkan pemerintah.

“Sertifikat ini adalah tanda bukti hak hukum atas tanah yang Bapak/Ibu miliki,” tandasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.