Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Untuk Merawat beragam Jenis Jaket Riding!

0

Bernas.id – Jaket motor memang sudah menjadi barang wajib aksesori untum para bikers guna melindungi bagian anggota tubuhnya pada saat kecelakaan terjadi. Jaket untuk riding banyak pilihan dan bahannya yang bisa menjadi opsi kita untuk membeli jaket motor.

Berbicara mengenai bahan jaket untuk riding, perawatannya berbeda-beda sebab tiap bahan memiliki karateristik sendiri dan beda pula perlakuannya.

Agar jaket motor rider selalu awet dan bagus, ada baiknya memahami bagaiman tips merawat jaket motor berdasarkan bahannya. Simak 5 tips berikut ini :

Baca juga Ternyata, Ban Motor Matic Tidak Cocok Pakai Angin Nitrogen!

1. Jaket Cordura

Perawatan jaket bahan cordura sama dengan jaket berbahan goretex. Untuk jaket cordura yang memiliki hard protector pada siku tidak disarankan mencuci dengan memakai mesin cuci karena bisa menyebabkan jahitan pada hard protector lepas.

Untuk membersihkannya cukup sikat pada bagian yang dianggap kotor karena bahan cordura termasuk bahan yang awet dan tahan goresan. Jaket tersebut banyak sekali modelnya, dan terkadang terdapat model dengan banyak jahitan yang saling sambung menyambung bahan.

Jaket berbahan ini sebenarnya gampang untuk dibersihkan, cukup di cuci menggunakan tangan dan di kucek sedikit saja. Untuk cordura yang memiliki banyak model sambungan seperti di bagian siku yang ada jahitan sambungannya.

Kemudian ada cara yang  perlu dihindari, yakni mencucinya dengan mesin cuci. Sebab jahitan sambungan itu bisa lepas karena proses gilingan mesin cuci. Juga ketika mencuci pakai tangan, perhatikan proses mencuci supaya tak merusak jahitan sambungan.

 

2. Jaket Kulit

Kemudian, untuk jaket motor dengan berbahan kulit sebenarnya cukup mudah untuk dirawat. Sebab bahan kulit termasuk bahan yang kuat. Yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu sering dicuci, cukup dilap lap saja menggunakan lap bersih untuk membersihkan dari kotoran yang menempel.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai bahan jaket terlalu sering terpapar dengan bahan kimia. Untuk membersihkannya sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan bahan kimia, sebab akan merusak permukaan bahan. Memang sesekali diperbolehkan, tetapi baiknya gunakan lap dan air saja.

 

3. Jaket Goretex

Ketiga, jaket dengan bahan goretex memang saat sedang digandrungi oleh para rider yang suka touring jarak jauh. Jaket ini sangat cocok sekali digunakan untuk perjalanan jauh, karena selain kuat jaket ini mudah juga untuk dibersihkan.

Untuk membersihkannya, cukup dilap dan dicuci sembari dikucek-kucek sedikit saja, maka jaket ini sudah bersih. Tetapi perlu diperhatikan juga kualitas dari jaket ini. Saat ini dipasaran banyak sekali bahan goretex yang berkualitas rendah yang gampang rusak, sikat sedikit saja bisa langsung berbulu.

 

4. Jaket Nilon

Bahan Nilon termasuk yang harus membutuhkan perhatian lebih dalam merawatnya nih. Baiknya bahan nilon jangan dicuci menggunakan mesin cuci, lebih baik dicuci dengan tangan saja.

Jika ada kotoran yang membandel, kucek kucek saja sampai bersih, bisa juga disikat sedikit namun jangan sampai terlalu keras. Jaket nilon mudah sekali berbulu jika di sikat terlalu keras.

 

5. Jaket Katun

Terakhir, ada jaket berbahan katun. Bahan ini termasuk dalam golongan yang lumayan kuat, selain itu bahan ini juga sangat gampang dicuci sekaligus tahan banting. Dilihat dari ketebalannya, jaket motor berbahan ini ada yang tipis sekali, ada yang tebal sekali, tergantung tipenya.

Untuk merawat bahan katun ini, tak terlalu bikin repot sebab bahan katun termasuk awet dan mudah dirawat. Cucilah seperti biasa, mau pake mesin cuci atau cuci pake tangan, disikat pun tak masalah.

Hal yang terpenting adalah perhatikan bahannya agar jangan sampai terurai sehingga jadi terkesan berbulu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.