Berita Nasional Terpercaya

7 Tips Untuk Merawat Helm Kesayanganmu!

0

Bernas.id – Siapa yang tak tahu hem? Bagi pengendara sepeda motor, helm merupakan barang yang berharga untuk dijaga dan dirawat. Sebab helm penting kegunaanya bagi para pengendara untuk melindungi kepala mereka dari paparan luar ataupun jika terjadi kecelakaan. Tetapi, tidak sedikit dari kita yang justru lupa untuk merawatnya, padahal merawat helm itu mudah dan gampang.

Jika kamu belum tahu, simak 7 tips mudah untuk merawat helm :

1. Jangan Di Taruh Di Spion.

Seperti yang tadi sudah dikatakan merawat helm itu mudah, salah satunya meletakkan helm kesayanganmu dengan tepat. Mungkin selama ini kamu sering mencatolkan helm pada kaca spion.Padahal cara tersebut akan membuat helm rentan jatuh dan basah terkena air hujan. Untuk mengantisipasinya letakkan helm kesayanganmu di jok motor sebelah belakang.

Jepit dengan erat pada bagian gagang jok. Dengan begitu, helmmu tidak lagi mudah jatuh karena kesenggol motor lainnya saat berada di tempat parkir.

2. Pakai penutup Kepala / Balaclava

Kemudian, karena jadwal seringkali membuat kamu harus buru-buru berangkat meskipun rambutmu masih basah dan lembab. Tetapi jangan khawatir, guna mengatasinya kamu bisa menggunakan balaclava atau penutup kepala.

Ada baiknya memili jenis kain yang adem dan tidak panas. Kain penutup kepala ini dapat menghindari kontak langsung antara rambut dan busa helm. Dengan demikian, busa juga tak mudah jamuran dan membuat helmmu jadi tetap awet.

3. Jangan Gunakan Helm Ketika Rambut Basah.

Untuk kamu yang sering menggunakan pomade, minyak rambut, atau conditioner, jangan terburu-buru mengenakan helm.

Rambut yang menggunakan minyak otomatis lembab, padahal rambut lembab dan basah seringkali membuat helm mudah jamuran dan bau apek. Apabila kamu ingin helmmu awet, bersih dan tak jamuran, gunakanlah helm dalam kondisi kering.

Kamu bisa menunggu conditioner rambutmu agak mengering atau menggunakannya jauh-jauh sebelum berangkat. Dengan begitu, helmmu akan terhindar dari jamuran.

4. Bersihkan Luar Helm Ketika Terkena Hujan.

Kita memang tak bisa menebak kondisi jalanan yang suka berubah, misalnya saja ketika datang hujan. Nah, air hujan yang memiliki kadar asam tinggi seringkali membuat helmmu mudah jamuran.

Cara mengatasinya mudah cukup dengan mengeringkan sisa air hujan di kaca dengan lap atau Untuk mengatasinya caranya juga mudah, kamu keringkan saja sisa air hujan di kaca dengan lap atau tisu kering. Resiko jemuran dapat segera menyingkir. Maka kamu tak usah khawatir.

5. Cuci Helm Dengan Benar.

Guna menjaga kebersihan dan kesegarannya, alangkah baiknya helm rutin dicuci. Saat ini banyak ditemukan jasa pencucian helm. Namun bagi kamu yang ingin mencuci sendiri di rumah boleh-boleh saja.

Namun ingat, mencuci helm pun ada aturanya, jangan cuci helm menggunakan sabun atau deterjen sebab dapat membuat helm menjadi rusak. Beberapa merek helm memiliki bagian dalam atau inner yang dapat dilepas, apabila seperti itu cukup bagian dalam saja yang dicuci.

Tak perlu sampai styrofoam nya juga dicuci karena lebih baik dihindari, cukup bahan kainnya saja. Apabila styrofoam terkena sabun atau detergen, maka bisa cepat rusak dan mengurangi umur helm. Apalagi dicuci menggunakan deterjen, sebab detergen sifatnya panas dapat membuat styrofoam memuai dan rontok.

6. Hindari baret pada kaca Helm atau Visor.

Pada umumnya helm dilengkapi dengan kaca atau visor. Yang gunannya untuk menghalangi debu, air, dan benda lain supaya tak langsung kena wajah atau mata.

Sebab fungsinya yang sangat penting, cara untuk merawat visor tidak asal-asalan, jika salah menggunakan bahan pembersih bisa membuatnya tergores.

Jangan membersihkan kaca helm atau visor menggunakan detergen, sebab dapat menimbulkan bercak putih jika kurang benar merawatnya. Bercak dapat menghalangi pandangan, terlebih lagi  jika tepat di depan mata.

Untuk mencuci visor cukup menggunakan air besih saja tanpa detergen atau cuci di ember berisi air. Namun sebelumnya lepas dahulu visor dari helm.

Jika sudah bersih, keringkan visor dengan kain khusus. Jangan sekali-kali menggunakan kain berbahan kasar sebab bisa menimbulkan baret atau goresan.

Karena itu pilihlah kain microfiber untuk mengeringkannya, jangan menggunakan kenebo juga ya. Sebab di kanebo menempel kotoran yang mengakibatkan goresan pada kaca helm atau visor dan varet.

7. Simpan Helm di Tempat Aman.

Tips terakhir, simpan helm kesayanganmu di tempat aman. Jauhkan alat pelindung kepala ini dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan.

 Bagaimana, mudah bukan? Mulai sekarang jaga dan rawat helm kesayanganmu baik-baik ya. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.