Berita Nasional Terpercaya

Banyak Kepala Daerah Tertangkap, Mendagri Apresiasi Kinerja KPK

0

Bernas.id ? Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi di Tanah Air.  Ini terbukti dengan banyak kepala daerah yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) KPK akhir-akhir ini.

“Selama ini yang kami catat 77 kepala daerah yang OTT. Sebanyak 300-an lebih kepala daerah yang terkena masalah. Kami mengapresiasi KPK,” kata Tjahjo Kumolo di Kantor Kemendagri Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Menurut Tjahjo, Kemendagri bersama dengan Direktur Pencegahan KPK Pahala Nainggolan akan lebih menekankan aspek pencegahan korupsi di daerah-daerah. Hal ini bertujuan untuk mendukung program Presiden Jokowi dalam menciptakan Indonesia bersih korupsi.

“Saya sebagai arahan Presiden kan fokus dan harus membangun hubungan tata kelola pemerintah yang lebih efektif, efisien taat kepada hukum, mempercepat reformasi birokrasi penguatan otonomi daerah. Tapi ada komitmen bagus semua data ada di KPK,” sambung Tjahjo.

Namun, dirinya tidak dapat menjamin tak akan ada lagi korupsi yang dilakukan penyelenggara negara.

“Untuk imbauan (jangan sampai kena) OTT, ya enggak bisa. Kembali ke diri masing-masing,” tandas politisi PDIP ini.

Baca juga Pejabat Ditangkap KPK, Jokowi Berpesan Hati-hati dengan Dua Hal Ini

Sebelumnya, Satgas KPK akhir-akhir ini rajin melakukan OTT kepada sejumlah kepala daerah. Mereka meliputi Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, Bupati Pamekasan Ahmad Syafii, dan Wali Kota Batubara OK Arya Zulkarnaen.

Di samping itu, KPK baru-baru ini melakukan tangkap tangan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko terkait kasus dugaan korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait proyek pengadaan mebel, yang nilai proyeknya sebesar Rp 5,2 miliar setelah dipotong pajak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.