Berita Nasional Terpercaya

Riset: Musik Musisi Ini Meningkatkan Kreativitas Kita

0

Bernas.id ? Menggali kreativitas memang seringkali tidaklah mudah. Saat diperlukan, ide kreatif kadangkala tak segera muncul.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan belum lama ini mungkin saja bisa membantu Anda meningkatkan kreativitas. Caranya cukup mudah, dengan mendengarkan musik. Sam Ferguson dari University of Technology di Sydney beserta Simone Ritter dari Radboud University Belanda pada awal bulan ini telah mencoba meneliti kaitan musik dengan tingkat kreativitas seseorang.

Mereka melibatkan 155 mahasiswa Radboud University yang sedang menyelesaikan tugas kreativitas. Para peneliti membagi siswa menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok secara acak ditugaskan untuk mendengarkan salah satu dari empat jenis musik atau tak mendengarkan musik sama sekali, sebelum dan selama mengerjakan tugas kreativitas mereka.

Para mahasiswa juga ditanyai tentang suasana hati mereka sebelum tes dimulai, dan juga seberapa besar kesukaan terhadap musik yang didengarkan. Tim peneliti menemukan bahwa suasana hati siswa sebelum mengerjakan tugas tampaknya tidak membuat perbedaan dalam kreativitas.

Seberapa besar mereka menyukai musik atau betapa akrabnya mereka dengan musik yang didengar, juga tidak berpengaruh pada tingkat kreativitas. Tetapi, mendengarkan “musik bahagia” saat bekerja dapat memicu pemikiran berbeda yang terkait dengan kreativitas dan pemecahan masalah.

Dengan kata lain, beragam jenis musik tidak akan membuat perbedaan yang signifikan pada tes kreativitas, kecuali saat peserta mendengarkan musik bahagia.

Segala jenis musik bahagia dinilai mampu mendorong kreativitas, namun musik bahagia berjenis klasik lah yang dinilai berperingkat paling tinggi untuk menghasilkan kinerja positif dan energik. Dan yang paling menonjol adalah musik yang diciptakan oleh komponis asal Italia, Antonio Vivaldi.

Baca Musik Klasik Mempunyai Sisi Luar Biasa Untuk Remaja, Apa Saja Itu?

Ilmuwan Rex Jung dari University of New Mexico, yang tidak terlibat dalam penelitian turut berkomentar terhadap riset tersebut.

?Mendengarkan musik untuk kreativitas serupa dengan minum obat untuk depresi. Obat dapat mengatur nada di otak Anda untuk melakukan kinerja yang lebih baik. Begitu juga, mendengarkan musik bahagia mungkin tidak spontan membuat Anda lebih kreatif, tapi bisa membantu Anda menemukan kreativitas dengan lebih mudah,? kata Rex Jung.

Nah, coba dengarkan karya Antonio Vivaldi di bawah ini, mungkin saja Anda langsung bertambah kreatif: 

Leave A Reply

Your email address will not be published.