Berita Nasional Terpercaya

Jokowi: Startup Jangan Dicekik Pakai Regulasi

0

JAKARTA, Bernas.id ? Perusahaan startup semakin meningkat dan menawarkan berbagai  layanan untuk mempermudah masyarakat. Presiden Joko Widodo mengingatkan para menteri Kabinet Kerja agar tak menekan startup dengan berbagai aturan yang rumit.

“Pertama, ini karena semua menteri hadir disini, keleluasaan untuk eksperimentasi harus diberikan kepada seluruh masyarakat. Karena inovasi memerlukan eksperimen. Hal-hal yang baru harus dicoba, dan ini memerlukan cost dan biaya,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi saat membuka IBD Expo 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/17).

“Berarti startup jangan dicekik dengan regulasi berlebihan. Jangan terlalu diatur-atur. Negara kita terlalu banyak aturan, regulasi, menyebabkan kita terjerat aturan sendiri,” tegasnya.

Menurutnya, jika startup terlalu dibatasi peraturan maka tidak akan berkembang. Kalau mau berkembang startup harus diberikan keleluasaan terlebih dahulu sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih besar lagi.

“Ini yang menghambat inovasi, ini tugas saya untuk menggempur peraturan agar semakin sedikit dan lincah melakukan inovasi. Peraturan peraturan peraturan. Saya saja pusing, apalagi masyarakat,” ungkap Kepala Negara.

Ia pun berkomitmen menghapus peraturan yang tumpah tindih dan menghambat startup. Harapannya, startup yang sudah diberi ruang bisa berinovasi. Jokowi menambahkan dukungan infrastruktur telekomunikasi juga dibutuhkan untuk memfasilitasi perkembangan startup di Tanah Air.

Leave A Reply

Your email address will not be published.