Berita Nasional Terpercaya

Gempur Peraturan, Jokowi Janji Indonesia Negara Ekonomi Digital Terbesar ASEAN

0

JAKARTA, Bernas.id ? Presiden Joko Widodo menyadari bahwa perkembangan ekonomi digital harus diikuti. Ia pun akan membawa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada 2020.

Pemerintah memiliki  banyak pekerjaan rumah yang diharus dirampungkan untuk mewujudkannya. Di hadapan para menteri, Presiden mengaku akan memangkas peraturan yang menghambat utamanya yang terkait dengan industri berbasis teknologi seperti startup dan fintech.

“Strategi pemerintah apa? Pertama, keleluasaan untuk bereksperimentasi harus diberikan ke seluruh masyarakat, karena inovasi itu perlu eksperimen,” ujar Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo di Jakarta Convention Centre (JCC), Rabu (20/9/17).

Industri startup merupakan  satu klaster yang memerlukan banyak bimbingan dan eksperimen sebelum mengeluarkan produk yang bisa diterima masyarakat. Ia pun berjanji memberi ruang adan mempermudah pengembangan industri tersebut.

“Negara kita itu terlalu banyak aturan yang menyebabkan kita terjerat. Ini masih ada 42 ribu peraturan, dikit-dikit diatur, isinya hanya peraturan ini yang menghambat inovasi. Ini tugas saya menggempur peraturan, sehingga makin sedikit sehingga semakin lincah dalam berinovasi,” terang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.