Berita Nasional Terpercaya

Rawat Shockbreaker Motormu dengan 6 Cara Ini, Supaya Awet !

0

Bernas.id – Kendaraan roda dua atau sepeda motor, memang saat ini menjadi salah satu alat transportasi penting sebagai penunjang kehidupan manusia. Sepeda motor penting guna membantu aktifitas dan berbagai kegiatan kita dalam sehari-hari. Karena itu merawat sepeda motor pun, bagi yang memilikinya adalah suatu hal wajib yang perlu dilakukan.

Perawatan sepeda motor menjadi suatu hal mutlak, jika tak ingin mengalami kerusakan terhadap komponen-komponen yang ada di dalamnya. Tak terkecuali merawat shockbreaker.

Shockbreaker sendiri merupakan kompoen yang memiliki peranan penting untuk meredam getaran pada saat sepeda motor diperlambat atau saat mengalami benturan keras karena jalan dipermukaan tidak rata, sehingga membuat kita terjungkal disaat kita sedang mengendarainya.

Bayangkan saja apabila shockbreaker sepeda motor tak berfungsi, mungkin bisa menyebabkan kita tidak nyaman pada saat mengendarainya atau justru malah bisa menyebabkan kerusakan  pada komponen lainnya juga.

Tentu jika sokbreker di motor kita  rusak atau ?mati?, itu menjadi hal yang sangat mengganggu untuk kita saat berkendara. Masalahnya bukan cuma menguba performa kendaraan namun juga mempengaruhi kesehatan pengendarannya lho. Misalnya saja dapat sakit pinggang atau badan cepat pegal saat berkendara dengan sokbreker yang rusak.

Penyebab yang membuat shockbreaker menjadi cepat rusak sebenarnya ada banyak sekali, namun pada umumnya karena terlalu sering digunakan di jalan yang kurang rata. Jika sudah rusak parah tentu kita harus mengganti dengan yang baru supaya sepeda motor nyaman kembali ketika dikendarai.

Nah, dari pada kita keluar ongkos lagi untuk membeli yang barus, lebih baik kita menjaga shockbreaker supaya lebih awet bukan? Ini dia 6 cara jitu untuk merawat shockbreaker supaya lebih awet:

1. Hindari Ngebut Di Jalan Rusak

Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari jalan berlubang. Kalaupun harus berhadapan dengan kondisi jalan yang kurang rata, mengemudilah dengan pelan-pelan.

Lalu jangan menerjang lubang pada kecepatan tinggi yang akan menyebabkan suspensi bekerja lebih keras. Tetapi apabila jalan itu adalah satu-satunya akses yang dapat dilalui, setidaknya pelankan saja laju motor kamu.

 

2. Sering-Sering Bersihkan.

Kemudian usahakan pula untuk sering membersihkan shockbreaker dari kotoran yang menempel. Karena, jika ada kotoran di sisi-sisi yang bekerja, maka akan mempercepat keausan seal (karet) ataupun piston.

Debu atau bekas lumpur hujan yang terus-terusan menempel juga bisa mengancam bagian komponen suspensi belakang. Kegiatan bersih-bersih ini bisa dilakukan sambil mencuci keseluruhan motor.

 

3. Jangan Bawa Beban Berat.

Baca juga Waspada ! Berikut Komponen Sepeda Motor Bekas yang Rawan ?Dikanibali?

Lalu yang ketiga, jangan bebani kendaraan dengan muatan yang melebihi saran pabrikan. Apabila beban berlebih, artinya suspensi juga harus bekerja keras.

Risikonya, komponen shockbreaker akan cepat aus dan sulit bekerja maksimal. Jika sudah seperti ini, bodi akan terasa mudah goyang saat dikendarai.

 

4. Jangan Pasang Anting-Anting Peninggi.

Penting diingat, untuk sok bagian belakang sangat tidak dianjurkan sekali untuk menambahkan anting-anting shock. Baik untuk menambah tinggi posisi atau sekedar gaya.

Sebab dapat membuat fungsi kerja shockbreaker akan terganggu atau sama sekali tidak akan berfungsi. Dan membuat fungsinya berjalan kurang maksimal.

 

5. perhatikan bagian tabung silinder shock depan (stanchion).

Jika kotor atau habis kehujanan bersihkan dengan menggunakan air biasa. Setelah itu keringkan dengan menggunakan lap yang bersih hingga benar-benar kering.

 

6. Lakukan Penggantian Oli Sokbreker.

Apabila pemotor merasakan ayunan shockbreaker depan motor jadi tak enak, segera lakukan penggantian oli shockbreaker. Biasanya penggantian oli dilakukan 2-3 tahun sekali. Semoga bermanfaat. Dijarak waktu tersebut oli pada shock bagian sudah encer dan daya redam shock motor menjadi  berkuang.

Sekarang sudah tahu kan, bagaimana cara merawat shockbreaker motor kesayanganmu supaya tetap awet? Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.