Berita Nasional Terpercaya

Dorong Pariwisata, Bandara Silangit Bertaraf Internasional

0

TAPANULI UTARA, Bernas.id ? Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Bandara Silangit di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (24/9/17). Hal ini terkait rencana peresmian menjadi bandara internasional pada 28 Oktober 2017 mendatang.

Menhub Budi Karya tiba di Bandara Silangit menggunakan pesawat kalibrasi milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Menhub Budi Karya langsung melihat perkembangan proyek perpanjangan dan pelebaran landasan pacu (runway) Bandara Silangit. Ia juga meninjau kesiapan terminal kedatangan keberangkatan internasional, hingga terminal domestik yang telah digunakan.

“Kami memang inginkan ini (Silangit) menjadi bandara internasional tetapi syarat-syarat teknis itu perlu dipenuhi,” terang Menhub Budi Karya saat meninjau Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Minggu (24/9/17).

Sampai saat ini sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang telah melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit, yakni maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air. Peningkatan status bandara di beberapa daerah ini terkait rencana pemerintah yang mengembangkan 10 destinasi wisata prioritas. Salah satunya adalah Danau Toba di Sumatera Utara.

PT Angkasa Pura II (Persero) mengembangkan Bandara Silangit dengan mengucurkan dana sebesar Rp 130 miliar. Adapun kapasitas terminal akan dibesarkan hingga dapat menampung 100.000 penumpang per tahun dari saat ini yang hanya mampu menampung 35.000 penumpang per tahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.