Berita Nasional Terpercaya

Cara Kemenhub Kumpulkan Investasi Asing

0

JAKARTA, Bernas.id ? Pemerintah terus menggenjot infrastruktur transportasi di berbagai daerah. Salah satu yang dimanfaatkan pemerintah untuk mencari dana adalah menawarkan investasi di Indonesia.

Pertemuan Menteri Transportasi Asia-Eropa ke-4 pada 26-28 September 2017 di Bali menjadi momen yang pas untuk pemerintah menawarkan investasi. Acara itu akan dihadiri oleh 18 menteri dari 51 negara perwakilan dan 2 organisasi internasional di bidang transportasi. Banyaknya negara yang berpartisipasi membuat Budi optimistis tingginya investasi dari hasil pertemuan tersebut. 

“Indonesia sebagai suatu negara yang sedang maju pasti menarik mereka-mereka yang mendukung konektivitas, jalannya keselamatan, keamanan dan network services. Tetapi secara khusus kita akan melakukan yang bahasan-bahasan sifatnya investasi,” ungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam media briefing di Bogor Cafe, Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (25/9/17).

Lebih lanjut, negara-negara yang sudah memberikan konfirmasi melakukan one on one meeting dengan Indonsia adalah Jepang, Polandia, Korea Selatan, Luxemburg, India, dan Luxemburg. Kementerian  Perhubungan pun akan membuat buku khusus yang berisi tentang proyek unggulan seperti Kuala Tanjung.

Selanjutnya, ada pameran yang akan diisi oleh instansi terkait dari Indonesia, yakni Angkasa Pura, Garuda Indonesia, hingga Pelindo. Dengan ragam cara untuk menarik investor ini, Budi menargetkan bisa menjaring investasi antara Rp 30 triliun sampai Rp 40 triliun. 

“Kita itu ada 12 project, rata rata di atas Rp 1 triliun, average 2 triliun. Kuala tanjung Rp 5 triliun, Priok Rp 5 triliun,” ujarnya.

Menhub Budi Karya pun yakin pertemuan ASEM ini bukan hanya manfaat profesional tetapi bagaimana investasi asing terjadi di Indonesia. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.