Berita Nasional Terpercaya

Hari Ini Kawasan Malioboro Sepi Pedagang Hingga Tukang Becak, Ada Apa?

0

YOGYAKARTA, Bernas.id ? Malioboro selalu ramai dengan pejalan kaki, pedagang kaki lima, dan kendaraan yang lalu lalang hari ini, Selasa (26/9/17) berbeda dari biasanya. Sepi, itulah yang menggambarkan suasana pagi ini di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Mengapa?

Baca Meriahkan Festival Kuliner APPBI 2017, Mall Malioboro Berhiaskan Lampion Warna-warni

Ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang biasanya memadati di kawasan Malioboro tidak akan berjualan selama 24 jam. Tak hanya pedagang, tukang becak dan penarik andong pun juga libur hari ini. Sepinya Malioboro hari ini karena Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan kawasan itu bebas PKL di setiap Selasa Wage penanggalan Jawa.

Program Selasa Wage di kawasan Malioboro ini baru kali pertamanya dijalankan. Kendati demikian, ada pengecualian tetap buka, yakni perhotelan, pertokoan, parkir di Malioboro. Nah, UPT Malioboro pun melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang kawasan legendaris ini. Kerja bakti ini ditujukan untuk membersihkan jalan sepanjang 1,3 kilometer, yakni depan Hotel Ina Garuda hingga Titik Nol Yogyakarta.

?Yang penting gerakan ini continue, rutin,? ujar Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti ditemui Bernas.id, Selasa (26/9/17).

Program Selasa Wage ini berlaku selama 24 jam penuh dari pukul 00.00 WIB. Kegiatan ini akan dilanjutkan menjadi kegiatan rutin dan dilakukan setiap bulannya.

Baca Asyik Jalur Pedestrian Malioboro Makin Lebar dan Instagramable

Leave A Reply

Your email address will not be published.