Berita Nasional Terpercaya

Merawat Ban Motor Itu Penting! Ini 7 Tips-nya

0

Bernas.id – Ban adalah salah satu komponen terpenting bagi pemilik kendaraan, namun sayangnya masih sedikit pemilik kendaraan yang khusus memperhatikan kondisi ban. Kebanyakan pemilik kendaraan khususnya sepeda motor justru lebih memilih memperindah velg ketimbang harus merawat ban sepeda motornya.

Padahal, tingkat keselamatan dan kenyamanan suatu pengendara saat mengemudi itu sangat bergantung pada komponen yang bernama ban. Sebagus dan semewah apapun jenis sepeda motor yang dipakai, tetapi jika kamu kurang memperhatikan kondisi ban, maka tingkat kenyamanan menjadi berkurang bahkan tingkat keselamatan pun akan terancam.

Maka dari itu, penting bagi semua pengendara untuk memperhatikan kondisi ban. Tidak hanya pada kecantikan velg saja ya. Terutama untuk kestabilan tekanan dan daya cengkram grid pada permukaan jalan.

Manfaat ban yang terawat dan terjaga, selain untuk memberikan rasa nyaman dan aman dalam berkendara juga akan meningkatkan performa mesin sehingga bisa menghemat BBM pula, pengendara jadi bisa lebih irit tentunya.

Setelah mengetahui hal tadi, tidak ingin kan ban sepeda motor kamu bermasalah. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, karena berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan dari pengendara itu sendiri.

Untuk itu, ada baiknya kamu simak 7 tips untuk merawat ban sepeda motor supaya tetap awet :

1. Periksa Tekanan Ban

Jika ditemukan ban sepeda motormu kempis, maka kamu harus segera memompannya. Jika kamu tak segera memompannya ban akan bocor atau bisa jadi jadi cepat aus.

Kemudian pada saat berkendara sebaiknya tidak membawa beban berat yang berlebihan karena hal tersebut bisa menyebabkan ban akan cepat rusak.

 

2. Cek Keausan Ban Secara Berkala

Hal itu berguna untuk mengetahui kelayakan ban motor kesayangan kamu. Cek apakah ban sudah cukup aus dengan melihat tanda batas keausan ban motor. Periksalah secara keseluruhan, apakah ada yang retak atau tidak.

 

3. Bersihkan Ban Sepeda Motor

Baca juga Menghirup Freon Ketika Terjadi Kebocoran AC Mobil? Ini 4 Bahaya dan Solusinya!

Ketiga, bersihkan semua debu serta kotoran yang menempel pada permukaan ban. Kemudian cungkil semua kerikil yang masuk pada sela-sela kembang ban sembari mencucinya.

 

4. Jangan Membawa Beban Berat

Ini yang penting untuk diperhatikan! Sebab banyak pengguna motor yang menjadikan kendaraanya untuk media mengangkur barang. Sebenarnya tidak ada yang melarang, namun jangan sampai berlebihan kapasitas motor dan ban itu sendiri ya.

Apabila terus-terusan dipaksa, tidak hanya ban saja yang akan cepat rusak. komponen lainnya pun juga akan terkena imbasnya.

 

5. Cek Kondisi Bearing pelek motor

Apabila terjadi goyangan pada leher ban maka kamu harus segera memperbaiki supaya ban ausnya tidak kemakan sebalah.

 

6. Periksa kondisi pentil ban

Karena pentil ban yang rusak bisa bikin angin di dalam ban motor keluar dan ban menjadi gampang kempes. Cek kondisi pentil ban pun tidak susah, kamu cukup meneteskan air di pentil ban, kalau jadi gelembung berarti pentil ban motor kamu bocor.

 

7.  Hindari Parkir Motor Di Tempat Terbuka

Baca juga 7 Tips Untuk Merawat Helm Kesayanganmu!

Karena ban sepeda motor kamu dapat terkena sinar matahari secara langsung. Hal itu dapat menyebabkan ban semakin keras karena material bahan dasarnya berubah. Ban yang mengeras lebih gampang untuk rusak, retak, atau bahkan robek.

Sekarang sudah tahu kan, tips untuk merawat ban sepeda motor supaya awet . Maka mulai saat ini sayangi dan rawat dengan baik ban kendaraanmu ya guys !!

Leave A Reply

Your email address will not be published.